Jangan Langsung Injak Pedal Gas Setelah Pindah Tuas Transmisi Matik

JAKARTA, virprom.com – Mengendarai mobil bertransmisi otomatis semakin mudah karena tidak perlu menekan kopling dan mengganti gigi secara manual.

Meski banyak fasilitas yang dinikmati pengemudi, namun tetap ada aturan penting yang harus dipatuhi agar mobil selalu dalam kondisi sempurna dan aman.

Aturan penting yang sering diabaikan banyak pengemudi adalah segera menginjak pedal gas setelah memindahkan tuas persneling dari posisi N atau P ke posisi D atau mundur R.

Baca juga: Jalan Umum Milik Bersama, Anda Tidak Akan Menang Sendirian

Hermas Effendi Prabowo, pemilik bengkel Warnermatic khusus otomasi, mengatakan masih banyak pengemudi yang melakukan kesalahan saat mengoperasikan transmisi matic.

Beratnya kesalahan ini sudah menjadi kebiasaan yang tidak disadari sehingga dilakukan terus menerus.

“Yang paling umum adalah akselerasi terlalu cepat saat transmisi baru dipindahkan ke D atau R,” kata Hermas kepada virprom.com baru-baru ini.

Artinya, saat pengemudi menggerakkan tuas ke posisi D, tanpa ada jeda, ia langsung menekan pedal gas. Meski butuh waktu beberapa saat agar transmisi bisa bekerja maksimal.

Baca juga: Saat yang Tepat Mengganti Filter Udara Sepeda Motor Anda

Sebaiknya jangan langsung tancap gas setelah pindah ke D, kata Hermas Jeda beberapa detik, begitu juga saat pindah ke R mundur.

Disadari atau tidak, hal ini cukup sering terjadi dan membuat umur transmisi matic semakin mudah rusak, kata Hermas. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top