MGPA Sudah Punya Alat Pemadam Api Khusus Mobil Listrik

JAKARTA, virprom.com – Manajer Sirkuit Jalanan Internasional Mandalika, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengumumkan persiapannya menjadi tuan rumah Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024.

Pada acara tahunan yang digelar pada 2-6 Juli 2024 ini, unit bisnis ITDC juga melakukan pengadaan alat pemadam api khusus untuk mobil listrik berbasis baterai.

Ingatlah bahwa kendaraan pesaing adalah campuran mesin pembakaran internal (bensin, solar atau etanol), baterai listrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

Baca Juga : Penyebab Bunyi Dengung Pada Transmisi Mobil Manual

“Kami sudah mendapat buku panduan dari Shell Global mengenai keselamatan kejuaraan ini, keselamatan peserta dan mobil yang digunakan,” kata Direktur Utama MGPA Priyandhi Satria, Selasa (11/6/) di Jakarta. 2024)

“Jenis sepeda motor yang digunakan berbeda-beda, ada yang berbahan bakar cair dan listrik. Kami sudah belajar dari luar negeri tentang tindakan yang harus diambil jika terjadi kecelakaan,” ujarnya.

“Kebetulan 2-3 bulan lalu kita upgrade, jadi kita beli alat pemadam kebakaran khusus mobil listrik karena cara penanganannya berbeda,” ujarnya.

Jika terjadi kebakaran pada mobil konvensional berbahan bakar fosil, kata Andhi, biasanya api dapat dipadamkan dengan menyemprotkan cairan atau bahan yang terdapat pada alat pemadam kebakaran.

Namun hal ini tidak mungkin dilakukan pada mobil listrik. Karena sumber percikan api berasal dari aki, maka tekanan penyalaannya sangat tinggi

Baca juga: Ada Proyek Saluran Air, Jalan Siledug Raya Pasang Contraflow.

Oleh karena itu, sumber api pada mobil listrik harus ditutup dan diisolasi. Api tidak bisa dipadamkan sampai daya baterai benar-benar habis. Jadi pencegahan dan penindakannya sangat berbeda dengan mobil biasa, kata Andy.

“Nah, kita punya selimut, alat yang membungkus sumber api aki mobil listrik,” ujarnya.

Pengaturan lainnya adalah menyediakan fasilitas pendukung seperti pusat kesehatan dan ambulans bagi peserta dan penonton.

“Kami sudah putuskan tempat mana yang membutuhkan perawat, dokter spesialis, ambulans dan kami akan siapkan di sana,” ujarnya.

“Jadi kami siap menyambut eco-marathon baik pengunjung, peserta maupun kendaraan yang bertanding,” tutupnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top