Kapal Tanker Filipina yang Angkut 1,4 Juta Liter Minyak Terbalik, Minyak Tumpah di Lepas Laut Manila

MANILA, virprom.com – Sebuah kapal tanker berbendera Filipina yang membawa 1,4 juta liter bahan bakar industri terbalik dan tenggelam di lepas pantai Manila pada Kamis (25/7/2024).

MT Terra Nova yang tenggelam, sekitar tujuh kilometer (4,3 mil) di lepas pantai Limay, Bataan, dekat ibu kota, sedang menuju pusat kota Iloilo di Teluk Manila pagi ini. 

AFP melaporkan, hujan lebat akibat Typhoon Game menyebabkan pesawat tenggelam dan hujan telah mendatangkan malapetaka di Manila dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir. 

Baca Juga: Presiden Filipina Marcos Jr Bilang Dia Pakai Narkoba, Polisi Bilang Itu Video Palsu

Tumpahan minyak ditemukan beberapa kilometer di jalur air yang sibuk. Penjaga Pantai Filipina sedang bersiap memasang penghalang terapung untuk menahan tumpahan minyak. 

Penyebab insiden tersebut masih diselidiki, namun juru bicara Penjaga Pantai Laksamana Muda Armando Balilo mengatakan kapal tersebut tidak melanggar aturan navigasi cuaca buruk.

Sinyal peringatan badai publik belum dimunculkan ketika MT Terra Nova meninggalkan Lima.

Dalam pengarahan Kamis pagi, Balilo mengatakan para pejabat berpacu dengan waktu untuk mengatasi tumpahan minyak dan menahan tumpahan bahan bakar.

Ia memperingatkan jika seluruh minyak dari kapal tanker tumpah, itu akan menjadi tumpahan terbesar dalam sejarah Filipina.

“Ada risiko besar bahwa Manila akan terkena dampaknya, bahkan di bagian pesisir Manila, jika bahan bakarnya tumpah karena berada di dalam Teluk Manila,” kata Balilo.

Ribuan nelayan dan pengeksploitasi bergantung pada perairan ini untuk mata pencaharian mereka.

Baca Juga: Presiden Filipina Perintahkan Perjudian Online Milik China Ditutup

Menteri Perhubungan Jaime Bautista mengatakan 16 dari 17 awak pesawat berhasil diselamatkan dari pesawat yang terbakar. 

Operasi pencarian sedang dilakukan untuk mencari anggota kru yang hilang. Angin kencang dan gelombang tinggi menghambat upaya tanggap darurat, kata Bautista.

Empat anggota awak dilaporkan dirawat.

Foto yang dirilis Coast Guard menunjukkan MT Terra Nova hampir seluruhnya tenggelam di lautan. 

Kapal itu tenggelam 34 meter di bawah gelombang, yang menurut Blilow sangat rendah dan berarti minyak dapat dikeluarkan dari kapal tanker dengan cepat.

Baca Juga: Kehadiran pangkalan militer AS di Filipina bisa mengancam kedaulatan negara di kawasan.

Komandan Penjaga Pantai Laksamana. Ronnie Gavan mengatakan mereka telah menetapkan batas waktu tujuh hari untuk merampungkan perendaman. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top