BPIP: Paskibraka Akan Diberangkatkan ke IKN pada 10 Agustus 2024

JAKARTA, virprom.com – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengumumkan Tim Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan berangkat ke Ibu Kota Kepulauan (IKN) pada 10 Agustus 2024.

Hari Lahir Negara Republik Indonesia (HUT) dikabarkan akan digelar pada 17 Agustus 2024 di IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta. Paskibraka juga disiapkan di dua tempat tersebut.

“Calon Paskibraka tingkat pusat akan berangkat ke IKN pada 10 Agustus 2024 melalui Balikpapan,” kata Yudian di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Menurut dia, hingga saat ini rekrutmen dan seleksi calon Paskibraka sudah memasuki tahap verifikasi tingkat pusat. Ujian calon Paskibraka tingkat pusat akan berakhir pada 14 Juni 204.

Baca Juga: Kisah Sofia Sahla yang Berjuang Lolos Paskibraka Nasional, Bertekad Ikuti Jejak Ayumi Sasaki

Pemusatan latihan dan pendidikan tingkat pusat bagi calon Paskibraka akan dimulai di Jakarta pada 12 Juli 2024.

Pelatihan tersebut akan melibatkan pelatih dari Komando Tetap Garnisun (Kogartap) Nomor 1 Jakarta dan Kodam VI/Mulawarman.

Pelantikan Paskibraka akan dilakukan di IKN pada 15 Agustus 2024, namun sudah ada usulan perubahan untuk tanggal tersebut dan kami pertimbangkan lebih awal jika memungkinkan, jelasnya.

Judian mengungkapkan, jumlah Paskibraka yang akan dilantik mencapai 76 orang, terdiri dari 38 laki-laki dan 38 perempuan yang mewakili 38 provinsi.

Baca Juga: BPIP persiapkan Paskibraka Nasional untuk Harlah Pancasila pada 1 Juni

BPIP sendiri, lanjutnya, membuat duplikat bendera pusaka tersebut sesuai amanat Perpres Nomor 51 Tahun 2022 tentang program Paskibraka.

BPIP menambah jumlah bendera pusaka sebanyak dua kali lipat untuk dibagikan di 38 provinsi dan 514 kabupaten kota dalam rangka HUT RI ke-79, jelas Yudian.

Sebagai informasi, perayaan HUT RI akan digelar pada 17 Agustus 2024 di IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendi mengatakan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara itu, upacara di Istana Kepresidenan Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden Maruf Amin dan didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Empat Pelajar Asal Jateng Dikirim ke Paskibraka untuk Jadi Calon Nasional

“Iya (naskahnya ada di dua tempat), ada di IKN, ada juga di sini (Istana Jakarta). Wapres ada di sini, lalu di IKN, Insya Allah Pak Presiden langsung,” kata Muhajir saat ditemui di Gedung DPR. istana presiden. . Kompleks, Jakarta.

“Wakil presiden terpilih mendampingi wakil presiden, dan presiden terpilih mendampingi presiden,” imbuhnya. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top