Menko Polhukam Ajak Negara Sub Regional Meeting Tingkatkan Kerja Sama Atasi Terorisme dan Serangan Siber

JAKARTA, virprom.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Manco Polhukam) Hadi Tjahjanto meminta negara-negara Sub-Regional Meeting (SRM) meningkatkan kerja sama dalam upaya mengalahkan ekstremisme, terorisme, dan serangan siber.

Hal itu disampaikan Hadi dalam pidatonya pada Pertemuan Sub-Regional ke-5 tentang Penanggulangan Terorisme dan Keamanan Internasional di Bali, Rabu (31/7/2024).

“Pemerintah Indonesia secara khusus mengajak negara-negara SRM untuk meningkatkan kerja sama praktis dalam memerangi radikalisme online yang menyasar generasi muda, menangani masalah migrasi tidak teratur, dan meningkatkan ketahanan kawasan terhadap serangan siber, khususnya ransomware,” kata Hadi dalam keterangannya. Rabu malam siaran pers Kemenko Polhukam.

Baca Juga: Menko Polhukam Tersenyum Saat Ditanya Soal T Number Yang Mengatur Judi Online

Pertemuan MRS merupakan dialog koordinasi tingkat menteri yang dipimpin oleh Indonesia dan Australia untuk membahas upaya pemberantasan terorisme di kawasan dan masalah keamanan internasional.

Dalam pertemuan tersebut, Hadi dan Menteri Dalam Negeri, Menteri Imigrasi dan Multikultural, Menteri Keamanan Siber, dan Menteri Kesenian Australia Tony Burke bertindak sebagai tuan rumah dan ketua bersama.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh para pejabat senior negara-negara di subkawasan Asia-Pasifik, seperti Indonesia, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand.

Kerja sama dapat dicapai melalui pertukaran informasi dan koordinasi lintas batas, peningkatan kapasitas dan kesadaran akan ancaman keamanan di kawasan, kata Hadi.

Baca Juga: Menko Polhukam Minta TNI-Polari Harapkan Calon yang Tak Siap Kalah di Pilkada

Siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menunjukkan bahwa negara-negara anggota MRS memahami bahwa tantangan keamanan di sub-kawasan terus berkembang dan mempengaruhi situasi keamanan internal setiap negara.

Pertemuan SRM pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017 dan telah dilaksanakan sebanyak empat kali secara bergantian di Indonesia dan Australia. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top