Apa Penyebab Badan Cepat Lelah dan Mengantuk? Berikut 10 Daftarnya…

virprom.com – Tubuh yang mudah lelah dan mengantuk memang bisa menghambat aktivitas. Apa yang membuat tubuh cepat lelah dan cepat tertidur?

Ternyata tubuh mudah lelah dan mengantuk, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan seperti anemia, gangguan tiroid, diabetes tipe 2, dan depresi.

Namun berbagai kondisi dan faktor kebiasaan seperti insomnia, kebiasaan minum kopi, dan mengonsumsi makanan tidak sehat juga bisa menyebabkan Anda cepat lelah dan mudah tertidur.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini Anda bisa mempelajari beberapa penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk.

Baca juga: Apa Gejala Penyakit Jika Sering Mengantuk? Ini daftar 10… Apa yang membuat tubuh cepat lelah dan tertidur?

Mudah lelah dan mengantuk bisa disebabkan oleh berbagai kondisi dan masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, depresi, gangguan tiroid, dan anemia.

Disadur dari Healthline and Prevention, berikut beberapa alasan yang patut Anda waspadai mengapa tubuh mudah lelah dan mengantuk. Anemia

Penyebab tubuh lelah dan mudah tidur mungkin karena kekurangan sel darah merah yang bertugas mendistribusikan oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel tubuh.

Selain cepat lelah dan mudah mengantuk, kekurangan sel darah merah bisa membuat Anda sulit tidur dan berkonsentrasi, meningkatkan detak jantung, serta menyebabkan nyeri dada dan sakit kepala. Gangguan tiroid

Kelebihan hormon tiroid atau hipertiroidisme akan mempercepat metabolisme. Sebaliknya, kekurangan hormon tiroid atau hipotiroidisme akan memperlambat metabolisme.

Masing-masing kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa lelah dan lemas, serta sulit berkonsentrasi dan gejala lainnya, sehingga diperlukan obat-obatan dan perawatan medis untuk mengatasinya.

Baca juga: Merasa Ngantuk Terus-menerus, Apa Itu Kekurangan Vitamin? Berikut adalah daftar 10… Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan baik sehingga menyebabkannya menumpuk di dalam tubuh.

Gejala diabetes tipe 2 antara lain kelelahan dan lesu, serta gejala lain seperti rasa haus terus-menerus, sering buang air kecil, dan penurunan berat badan. depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat berdampak negatif terhadap kualitas tidur, pola makan, dan perasaan Anda terhadap diri sendiri dan orang lain.

Depresi sering kali dapat mengurangi energi dan mengubah pola makan serta tidur, sehingga membuat Anda cepat merasa lelah dan mengantuk. Kelelahan kronis

Orang dengan sindrom kelelahan kronis mengalami kesulitan melakukan aktivitas normal dan mudah merasa lelah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top