Tujuan Menyiram Kondensor AC Mobil Menggunakan Air

SLEMAN, virprom.com – Akhir-akhir ini di media sosial kita sering melihat aktivitas kondensor AC mobil dipasang di dalam air. Proses ini biasanya dilakukan oleh tukang AC pinggir jalan.

Anda mungkin pernah melihat ini saat menyervis AC dan ini membingungkan orang awam.

Ada juga jenis modifikasinya dengan memasang pipa tambahan sehingga bisa menyemprotkan air ke area kondensor seperti motor wiper air.

Lantas, apa sebenarnya tujuan menyiram kondensor AC mobil dengan air?

Baca Juga: Sederhananya, Kebiasaan Ini Akan Membuat AC Mobil Anda Lebih Tahan Lama

Pemilik Bengkel AC Mobil Jogja Deva mengatakan, banyak alasan orang menyiram kondensor, yakni terkait performa dan modifikasi.

“Jika kinerja AC normal maka tidak perlu dilakukan pembilasan kondensor, karena tujuan pembilasan sebenarnya untuk memastikan sistem AC normal, gangguan tersebut akan memulai proses perbaikan yang biasa dilakukan oleh tukang reparasi AC. ,” kata Deva kepada virprom.com, Kamis (27/6/2024). .

Deva mengatakan dengan kondensor basah proses pendinginan akan lebih baik sehingga dapat meningkatkan kinerja AC, dan bersedia melakukannya jika sistem normal karena tidak mau memotong terlebih dahulu.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda AC Mobil Bekas Masih Sehat

Namun, membasahi kondensor bukan solusi saat kinerja AC rendah, penambahan semprotan air di depan kondensor tidak boleh diubah karena sumber masalahnya bisa teratasi, kata Deva. .

Deva mengatakan, kondisi ini bisa terjadi ketika kemampuan kompresor AC dalam menyalurkan tekanan freon melemah atau alirannya terhambat.

Pendinginan AC berkurang, sistem pemotongan tidak berfungsi, jika ada masalah pada komponen utama, namun ketika pendinginan freon ditingkatkan dengan menuangkan air, sensor dan termostat membaca sendiri bahwa ada peningkatan kinerja. ,” kata Deva.

Baca Juga: AC Mobil Tak Dingin, Tambah Freon Solusinya?

Faktanya, mobil balap tidak memasang sistem AC yang dimodifikasi, sehingga performa mesin fokus pada pembangkitan tenaga, kata Deva. Ada pula yang memilih menambahkan semprotan air di depan kondensor agar udara yang dihembuskan lebih sejuk.

Air di kondensor sedikit banyak dipengaruhi oleh hembusan angin, dan AC hanya mendinginkan mobil saat hujan, artinya kalau tahu ada masalah, kata Deva.

Oleh karena itu, pembilasan kondensor AC mobil tidak lain hanyalah sebuah langkah proses pengecekan sistem AC pada saat perawatan yang biasanya merupakan perbaikan mobil yang tidak memiliki peralatan lengkap. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top