Manfaat Aktivitas Fisik Rutin untuk Mencegah Obesitas

virprom.com – Latihan fisik secara teratur bisa menjadi cara yang baik untuk mencegah obesitas.

Menurut Harvard School of Public Health, obesitas disebabkan oleh ketidakseimbangan energi. Ini berarti Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori dan membakar terlalu banyak kalori.

Beberapa faktor mempengaruhi jumlah kalori (atau berapa banyak energi) yang dibakar seseorang setiap hari, termasuk usia, ukuran tubuh, dan genetika.

Baca juga: 9 Manfaat Rutin Latihan Fisik Bagi Kesehatan

Faktor lain yang lebih mudah diubah adalah banyaknya aktivitas yang dilakukan seseorang setiap harinya.

Aktif bergerak secara rutin dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan berat badan agar tidak mengalami obesitas.

Duduk mempunyai efek sebaliknya, yaitu meningkatkan risiko obesitas.

WHO merekomendasikan setidaknya 150-300 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang (atau setara dengan intensitas kuat) per minggu untuk semua orang dewasa, sedangkan rata-rata 60 menit aktivitas fisik intensitas sedang per hari untuk anak-anak dan remaja

Baca Juga: Apakah Aktivitas Fisik Menurunkan Kolesterol Tinggi? Berikut gambarannya… Apa saja bentuk aktivitas fisik?

Ada banyak bentuk aktivitas fisik yang dapat membantu mencegah obesitas. Ada intensitas sedang dan berat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), aktivitas fisik sedang mempercepat pernapasan dan detak jantung Anda, namun Anda tetap dapat berbicara.

Contoh aktivitas fisik intensitas sedang antara lain: Jalan cepat, misalnya berjalan kaki sejauh 1,6 kilometer (km) dalam waktu 15 menit Pekerjaan ringan di pekarangan seperti menyapu, mencuci, memotong rumput, dan lain-lain. Bermainlah secara aktif dengan anak-anak. Mengayuh dengan damai di sekitar rumah

Baca juga: Jenis aktivitas fisik yang dianjurkan untuk lansia

Jadi, aktivitas fisik dengan intensitas tinggi menyebabkan detak jantung dan pernapasan Anda meningkat, sehingga membuat percakapan menjadi lebih sulit.

Contoh aktivitas fisik tersebut antara lain: Berlari atau jogging Berenang bolak-balik Bermain speed skating Lompat tali Memainkan permainan kompetitif seperti sepak bola, bola voli, bola basket, dan lain-lain.

Baca juga: Pentingkah Aktivitas Fisik Bagi Orang Dewasa? Berikut penjelasannya… Berapa banyak kalori yang bisa dibakar saat berolahraga?

CDC memberikan contoh kalori yang dapat dibakar dengan berbagai aktivitas fisik pada tingkat sedang dan berat.

Diperkirakan aktivitas fisik sedang, seperti mendaki gunung, membakar 185 kalori dalam 30 menit untuk orang dengan berat badan 70 kg.

Untuk berat badan yang sama, kalori yang bisa dibakar saat berkebun adalah 165 per 30 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top