BNPB: 2 Desa di Cilacap Alami Kekeringan Seiring Peralihan Musim ke Kemarau

JAKARTA, virprom.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan musim kemarau mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia, bersamaan dengan perubahan cuaca dari hujan menjadi kemarau.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan, ada dua barangay di Cilacap, Jawa Tengah yang mulai terdampak kekeringan.

“Kekeringan terjadi karena dipicu kurangnya curah hujan selama beberapa hari terakhir, seiring dengan kekeringan yang terjadi di wilayah setempat,” kata Abdul dalam keterangannya, Senin (10/6/2024).

Menurut Abdul, musim kemarau terjadi di Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, dan Desa Rawajaya, Kabupaten Bantarsari.

Baca juga: 12 Tempat yang Berpotensi Mengalami Kekeringan pada Juni 2024

Berdasarkan data yang diperoleh BNPB, sebanyak 627 warga terdampak kesulitan mendapatkan air bersih sejak Sabtu (8/6/2024).

“Pemerintah daerah telah menetapkan status Siaga Darurat Bencana Kekeringan di Kabupaten Cilacap hingga tanggal 22 November 2024,” kata Abdul.

Abdul menambahkan, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi untuk melakukan pendataan luas wilayah dan jumlah penduduk yang mengalami kekeringan.

Bantuan air bersih juga mulai disalurkan sebagai upaya tanggap darurat. Saat ini setiap desa telah mendapat 1 tangki berisi 5.000 liter air bersih.

Sementara itu, BMKG mengungkapkan sebagian wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Kekeringan juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah, khususnya di bagian selatan garis khatulistiwa.

Baca Juga: BNPB Pasang Rambu Banjir Lahar Sederhana di 3 Barangay Terdampak Letusan Gunung Ibu

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan wilayah yang berpeluang mengalami kekeringan pada musim kemarau adalah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Pasalnya, wilayah tersebut mengalami hari yang relatif panjang tanpa hujan.

Kondisi kemarau di musim kemarau ini akan mendominasi wilayah Indonesia hingga akhir September, kata Dwikorita Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit, akses Saluran WhatsApp virprom.com: https ://www.whatsapp .com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top