Apa yang Terjadi jika Minum Minuman Manis Setiap Hari?

virprom.com – Minum minuman manis setiap hari meningkatkan risiko Anda menderita berbagai penyakit kronis dan kematian dini.

Mengutip situs Kementerian Kesehatan di Indonesia, penelitian menunjukkan bahwa minum 2 hingga 6 gelas minuman manis setiap minggu dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 6 persen.

Sedangkan meminum satu hingga dua gelas minuman manis setiap hari dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 14 persen.

Baca juga: Mengonsumsi minuman manis bisa menyebabkan gagal ginjal

Semakin sering dan dalam jumlah banyak Anda mengonsumsi minuman manis, semakin tinggi pula risiko kematian Anda.

Penelitian yang diterbitkan oleh Chan School of Public Health di Universitas Harvard pada Maret 2019 menganalisis data dari 37.000 pria dan 80.000 wanita selama 30 tahun.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa semakin banyak minuman manis yang diminum seseorang, semakin besar pula risiko kematian dini.

Risiko kematian ini terkait dengan dampak negatif minuman manis terhadap kesehatan Anda.

Baca juga: Penderita Pembesaran Prostat Sebaiknya Hindari Minuman Manis Saat Pulang Rumah

Konsumsi gula yang berlebihan dikaitkan dengan penambahan berat badan dan timbulnya berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan berbagai jenis kanker.

Studi menunjukkan bahwa minum 1 hingga 2 gelas minuman manis setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 26%.

Lanjutkan membaca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampak minuman manis terhadap risiko kesehatan manusia dan kematian dini.

Baca juga: Manjakan diri dengan minuman manis bisa menyebabkan gangguan irama jantung. Efek berbahaya dari penggunaan minuman manis setiap hari.

Berbagai penelitian media kesehatan menunjukkan bahwa minuman manis dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan sehingga meningkatkan risiko kematian dini. Apalagi jika minuman ini dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Diambil dari Harvard School of Public Health and Health, berikut ringkasan dampak negatif minum minuman manis bagi kesehatan: Meningkatkan berat badan dan obesitas.

Minuman manis biasanya banyak mengandung tambahan gula berupa fruktosa.

Fruktosa tidak menekan hormon kelaparan ghrelin untuk merangsang rasa kenyang seperti halnya gula, gula yang dibuat selama pencernaan makanan bertepung.

Jadi, jika menggunakan gula cair, Anda akan makan lebih banyak karena minuman ini tidak membuat Anda kenyang. Namun, asupan kalori Anda meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top