Menlu AS Desak Semua Pihak Hentikan Tindakan Eskalasi di Timur Tengah

ULAN BATOR, virprom.com – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meminta semua pihak di Timur Tengah menghentikan eskalasi tindakan.

Khusus terkait perang Israel dan Hamas, Blinken menginginkan segera ada kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Pasalnya, perang bisa memanas setelah pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh tewas dalam serangan di Teheran, Iran.

Baca Juga: Bukan di Gaza, Jenazah Ismail Haniyeh Akan Dimakamkan di Qatar

Serangan yang menewaskan Haniyeh terjadi beberapa jam setelah Israel mengatakan telah membunuh seorang komandan senior Hizbullah dalam serangan balasan di ibu kota Lebanon, Beirut.

Pembunuhan itu terjadi ketika ketegangan regional meningkat akibat perang di Gaza, serta konflik dengan kelompok Hamas yang didukung Iran di Suriah, Lebanon, Irak, dan Yaman.

Namun, Israel menolak mengomentari serangan Teheran.

Berbicara di ibu kota Mongolia, diplomat AS Antony Blinken memperingatkan bahwa Timur Tengah berada pada jalur yang semakin tegang.

“Sekarang kita bergerak menuju lebih banyak konflik, lebih banyak kekerasan, lebih banyak penderitaan, lebih banyak ketidakamanan, dan sangat penting bagi kita untuk memutus siklus ini,” kata Blinken kepada wartawan bersama rekan-rekan setempat, dikutip AFP, Selasa (8/1/2024). ).

“Semuanya dimulai dengan gencatan senjata yang sedang kami upayakan,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut, yang pertama adalah semua pihak harus bernegosiasi, berhenti melakukan tindakan eskalasi dan mencari alasan untuk mencapai kesepakatan.

Seperti yang dilakukannya pada Rabu di Singapura, Blinken tidak mengomentari secara langsung kematian pemimpin gerakan Islam Palestina tersebut.

Baca juga: Hal-hal yang Mungkin Terjadi Pasca Terbunuhnya Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Dia juga menolak berspekulasi mengenai dampak pembunuhan Haniyeh terhadap potensi gencatan senjata di Gaza, yang dipimpin oleh Amerika Serikat bersama Mesir dan Qatar. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top