Usai Rapat Bareng Jokowi, Telkomsigma Sebut Peretasan PDN Bisa Diselesaikan

JAKARTA, virprom.com – Direktur Jaringan dan Solusi IT Telkomsigma, Herlan Wijanarko mengatakan, permasalahan peretasan pusat data nasional (PDN) bisa diatasi.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri rapat terbatas peretasan PDN yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/06/2024).

Yang jelas akan berhasil, kata Herlan.

Baca juga: Jokowi Minta BPKP Audit Tata Kelola PDN Usai Diretas

“Jika kami mengikuti audit forensik yang dilakukan BSSN, maka rekomendasi Telkom akan kami terapkan,” lanjutnya.

Menurut Herlan, sebagai pihak yang turut serta dalam pengelolaan PDN dalam hal pencadangan data, Telkomsigma akan berupaya mengaktifkan seluruh layanan enkripsi.

Tujuannya untuk mengenkripsi data milik kementerian dan lembaga daerah.

Diberitakan sebelumnya, sistem PDN diretas hingga mengganggu layanan imigrasi di beberapa bandara dan layanan publik lainnya.

Baca juga: Pasca Peretasan, Pemerintah Tinjau Contoh Pengelolaan PDN di Luar Negeri

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengatakan PDN yang terkena serangan siber dikelola oleh PT Telkom dan berlokasi di Surabaya.

Serangan siber tersebut dilakukan dengan menggunakan ransomware yang menyebabkan data di PDN terenkripsi atau terkunci. Akibatnya, beberapa layanan publik yang menggunakan PDN pun ikut terdampak.

Sejauh ini, dampak serangan siber terhadap PDN belum sepenuhnya teratasi. Ada juga gangguan pada beberapa layanan publik. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top