Sony Bikin Gamer PS5 Makin Gampang “Mabar”

virprom.com – Sony telah memperbarui perangkat lunak sistem untuk konsol PlayStation 5 (PS5). Pembaruan ini menghadirkan fitur baru, pengguna kini dapat membuat tautan (share link) untuk mengundang pemain lain ke game multipemain yang mereka mainkan.

Diumumkan pada Mei lalu, fitur ini memudahkan pengguna yang ingin “hangout” bersama teman-temannya.

Mekanismenya, pengguna menekan tombol PlayStation di pengontrol PS5 yang disebut DualSense, lalu memunculkan menu “Grup Bermain Anda”. Setelah itu, pilih opsi “Bagikan Tautan” dan nantinya pengguna akan menerima kode QR.

Pengguna dapat memindai kode QR dengan ponsel cerdas mereka dan kemudian membagikan tautan yang dihasilkan kepada teman-teman melalui fitur perpesanan PlayStation, aplikasi iMessage, atau media sosial lainnya.

Baca Juga: Sony Summer Sale, Diskon Hingga 90 Persen Game PS4 dan PS5, Ini Daftarnya

Dengan demikian, pemain yang mengklik tautan tersebut dapat mengakses game multipemain pengguna melalui media sosial, seperti Discord dan Instagram, meskipun mereka bukan teman pengguna di PlayStation Network (PSN).

Hal ini tentu berbeda dengan mekanisme sebelumnya, di mana pengguna harus login ke profil temannya di PS5 lalu klik tombol “Undang ke Game”. Cara lama ini hanya berlaku untuk game PS5 saja.

Game PlayStation 4 (PS4) bisa dimainkan di PS5 melalui fitur backward match, dimana sebelumnya pengguna harus mengundang teman langsung dari game tersebut. Cara mengundang teman berbeda-beda tergantung game PS4 yang dimainkan.

Kembali ke pembahasan mengenai shareable link, link undangan ini akan tetap aktif selama pengguna yang mengeluarkan undangan tersebut sedang memainkan game tersebut.

Jika pengguna mengirimkan tautan undangan melalui Discord, akan muncul widget unik yang menunjukkan status lobi multipemain. Pengguna dapat melihat apakah lobi multipemain masih aktif.

Tautan berbagi hanya berlaku untuk lobi multipemain publik dan belum didukung untuk lobi pribadi. Fitur baru PS5 ini diluncurkan ke seluruh pengguna mulai 24 Juli 2024. Pembaruan fitur perintah suara

Pembaruan PS5 ini juga menghadirkan pembaruan pada fitur perintah suara (Voice Command).

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol PS5 menggunakan suaranya, seperti menavigasi antarmuka konsol (UI). Jadi pengguna tidak perlu menggunakan controller ketika ingin membuka menu tertentu di PS5.

Baca Juga: Valorant resmi tersedia di konsol, bisa dimainkan di PS5 dan Xbox Series X/S

Fitur ini sekarang memiliki perintah baru “Tampilkan Bantuan Game”. Bantuan permainan sendiri merupakan menu yang berisi berbagai tips, bantuan dan petunjuk terkait dengan permainan yang dimainkan.

Perlu diketahui bahwa fitur Perintah Suara hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan aksesnya masih terbatas pada akun PSN Amerika Serikat dan Inggris.

Selain memperbarui fitur perintah suara dan tautan yang dapat dibagikan, Sony juga meningkatkan kinerja dan stabilitas perangkat lunak sistem PS5, serta memperbarui perangkat lunak pengontrol DualSense, seperti dikutip KompasTekno dari Yahoo Selasa (30/7/2024).

Semua fitur tersebut tersedia pada update PS5 versi 24.05-09.60.00. Memperbarui perangkat lunak PS5 dapat dilakukan dengan masuk ke Pengaturan > Sistem > Perangkat Lunak Sistem > Pembaruan & Pengaturan Perangkat Lunak Sistem > Pembaruan Perangkat Lunak Sistem. Dengarkan berita terbaru dan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top