Begini Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matik

SOLO, virprom.com – Memastikan kondisi oli transmisi matic dalam kondisi prima merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan mobil.

Oli transmisi tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, namun juga sebagai cairan pendingin dan pembersih bagian-bagian di dalam transmisi.

Selain itu, kualitas dan kualitas oli sangat penting dalam performa, mencegah benturan besar dan menghindari kerusakan.

Oleh karena itu, pengemudi perlu melakukan pengecekan oli transmisi secara rutin, dan meski terkesan sederhana, namun proses ini memerlukan ketelitian untuk memastikan hasil yang akurat.

Baca juga: Ingat, Rambu Garis Zig-zag Bukan untuk Berhenti atau Parkir

Machlis, Manajer Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi di Garasi Auto Service, mengatakan ada tahapan dalam pengecekan oli matic.

Hentikan mobil pada posisi tinggi dan hidupkan mesin, kata Muchlis kepada virprom.com, Kamis (20/6/2024).

Kemudian saat mesin hidup, pindahkan shifter dari P ke L dan sebaliknya. Setelah itu matikan api lalu cabut segelnya dan bersihkan.

Setelah itu pasang dipstick sepenuhnya, cabut dan pastikan oli berada pada level H, jika kurang tambahkan lagi.

Baca Juga: BMW X3 Generasi Baru Diluncurkan, Desain Berubah Total

Saat ini, untuk mobil matic tanpa dipstick, cara mengecek volumenya adalah dengan membuka kotak bahan bakar di bawah mobil, kata Hardy Wibowo, Manajer Aha Motor Yogyakarta.

“Khusus contoh ini, rumah pompa oli dilengkapi lengan tembaga, bentuknya naik ke atas, jadi menampung minyak, kalau lengannya tidak terlalu tinggi, bisa dan simbol.” kata Hardy.

Hardy menjelaskan, jika oli mengalir saat sumbat dilepas, itu tandanya level oli mencukupi.

Namun jika tidak ada oli basah setelah segel dilepas, oli otomatis dapat ditambahkan hingga bocor, yang merupakan tanda kelebihan volume dan aliran melalui lengan ke dalam housing. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top