7 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan dan Manfaatnya

virprom.com- Senam kardio merupakan salah satu jenis olah raga yang menitikberatkan pada sirkulasi dan pernapasan.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk memompa darah keluar dari jantung dan paru-paru untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh sehingga meningkatkan detak jantung. Jenis latihan kardio

Menurut laporan yang dimuat di website Kementerian Kesehatan, banyak jenis latihan kardio yang dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus pergi ke gym atau lapangan olah raga, misalnya:

– Jalankan perlahan

Olahraga ini dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan, bahkan di tempat yang tepat. Olahraga ini tidak memberikan banyak tekanan pada lutut, sehingga cocok untuk orang yang menderita masalah lutut

-Bersepeda tidak hanya sebagai sarana transportasi dan hiburan, tetapi juga baik untuk kesehatan. Bersepeda dapat dimasukkan ke dalam aktivitas sehari-hari, misalnya ke sekolah, bekerja, atau ke pasar.

Baca juga: Tingkatkan latihan kardio dan ketahanan seiring bertambahnya usia

Berenang bermanfaat untuk melatih otot tubuh dan kekuatan kardiovaskular. Berenang secara teratur juga dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

– Lompat tali Lompat tali merupakan salah satu olahraga pembakar kalori yang paling murah dan efektif. Selain bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, melompat selama 20 menit mampu membakar kurang lebih 220 hingga 270 kalori.

-Aerobik Senam aerobik adalah gerakan yang dilakukan mengikuti irama musik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru dalam mengantarkan oksigen ke otot.

-Pendakian ini tidak selalu harus dilakukan di luar ruangan seperti mendaki gunung, tetapi bisa juga dilakukan di dalam ruangan seperti menaiki tangga di rumah atau kantor Anda. Untuk hasil maksimal, lakukan ini setidaknya selama 10 menit setiap kalinya

Menurut American Heart Association, jalan kaki sama efektifnya dengan jogging atau joging dalam mencegah penyakit jantung. Jalan kaki juga mudah dan nyaman untuk segala usia

  Manfaat latihan kardio

Secara keseluruhan, manfaat olahraga kardio antara lain menjaga kesehatan jantung. Kata “cardio” sendiri berasal dari kata “jantung” atau sistem pembuluh darah dan jantung. Selain itu, olahraga kardio juga baik untuk kesehatan mental dan dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Di bawah ini berbagai manfaat olahraga kardio bagi kesehatan

1. Menjaga berat badan Membakar lemak dan kalori melalui latihan kardio dapat membantu orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan menurunkan berat badan. Jika dilakukan secara rutin, minimal 30 menit setiap 5 hari, dapat mencegah penambahan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Menurunkan Tekanan Darah Latihan kardio meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyumbatan pada pembuluh darah.

Baca juga: 5 Rekomendasi Latihan Kardio untuk Orang yang Sedang Diet, Termasuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top