Waisak 2024, Puan Ajak Masyarakat Tebar Kebajikan dan Pererat Kerukunan

virprom.com – Presiden Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani mengucapkan selamat kepada seluruh umat Buddha di Indonesia pada 2568 Era Budha (BE). Pada momen ini, ia juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga dan memperkuat kerukunan antar umat beragama.

Saya atas nama DPR dan pribadi mengucapkan selamat kepada seluruh umat Buddha di Indonesia pada Hari Tri Suci Waisak 2568 BE. Saya berharap perayaan Hari Waisak dapat mencerahkan bangsa dan negara ini dengan semangat toleransi, kata Puan. dikatakan virprom.com pada Kamis (23/5/2024).

Umat ​​​​Buddha mungkin merayakan Waisak sebagai hari lahir Siddhartha Gotama (calon Buddha Gautama), saat Siddhartha mencapai pencerahan ilmiah, dan hari wafatnya Sang Buddha.

Baca juga: KDP Pastikan Penyerahan Hasil Sidang Parlemen WWF ke-10 ke IPU

Puan meyakini Waisak bisa dijadikan momen untuk menebar cinta kasih kepada seluruh makhluk hidup.

“Banyak kutipan Buddha Gautama yang bisa dijadikan inspirasi, termasuk bagaimana mencapai kebahagiaan. Semua makhluk di dunia harus terbebas dari keserakahan dan kebencian,” kata perempuan pertama yang menjabat Presiden DPR RI ini.

Tema Waisak 2024 adalah “Mengenal Keberagaman Cara Hidup Seimbang, Harmonis dan Bahagia”. Tema tersebut dipilih untuk meningkatkan kesadaran akan keberagaman dan keberagaman yang dimiliki Indonesia.

Menurut Puan, Hari Waisak 2024 bisa dijadikan momen mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Mengingat Waisak juga bisa diartikan sebagai simbol pencerahan.

“Di hari suci umat Buddha ini, kita bisa memperkuat semangat kita untuk terus menyebarkan kebaikan, memajukan perdamaian, dan memajukan kerukunan antar umat manusia,” kata Puan.

Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini menilai, perbedaan yang ada di Indonesia harus dilihat dari paradigma positif. Sebab, menurut Puan, keberagaman bisa menjadi modal bagi kemajuan suatu negara.

“Dalam Binneka Tunggal Ika, Indonesia terus mengukuhkan jati dirinya. Yang membuat Indonesia istimewa. Meski berbeda, Indonesia tetap satu. Manusia itu indah kalau bisa hidup rukun,” kata cucu Bung Karno itu.

Baca juga: Menutup Forum Parlemen WWF, Puan Tekankan Pentingnya Keamanan Air

Terkait hal itu, Puan juga memastikan aparat dan aparat keamanan akan berupaya menyambut momen ibadah umat Buddha Waisak yang berlokasi di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Peribadatan umat Buddha juga terjadi di beberapa candi lain di Indonesia seperti Candi Sewu, Candi Muara Takus, Candi Muara Jambi, dan Candi Sojiwan.

Puan meminta pemerintah memastikan umat Buddha bisa merayakan Waisak dengan baik. Selain itu, sebagian umat Buddha yang berkunjung ke Candi Borobudur berasal dari negara lain.

Semua berharap agar setiap pelayanan berjalan lancar. Puan juga meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk menghormati ibadah umat Buddha.

Selamat datang di ibadah Tri Suchi Waisak untuk seluruh umat Buddha. Semoga semua makhluk hidup berbahagia, Sabbe Satta Bhavantu Suhitatta, tambah Puan. Dapatkan berita pilihan dan update di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top