Tanggal 26 Juni 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 26 Juni 2024 jatuh pada hari Rabu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Internasional Melawan Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap.

Selain itu, ada peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang diperingati pada tanggal 26 Juni 2024. Hari Internasional Menentang Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap

Setiap tahunnya, tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Internasional Melawan Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap.

Peringatan ini merupakan peringatan global yang fokus pada tindakan melawan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Hari ini diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan diperingati sejak tahun 1989.

Sedangkan tanggal 26 Juni dipilih karena pada tanggal 26 Juni 1987 diadakan Konferensi Internasional Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap di Wina. 

Meski banyak kasus seperti ini yang sudah ditangani, nyatanya jumlahnya terus meningkat. Menurut National Today, Laporan Narkoba Dunia tahun 2007 yang dikeluarkan PBB menyatakan bahwa pendapatan dari perdagangan narkoba mencapai $300 miliar.

Oleh karena itu diharapkan hari ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga: Kemlu Sebut 165 WNI Terancam Kematian, Terbanyak di Malaysia karena Kasus Narkoba Hari Dingin Sedunia

Tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Pendinginan Sedunia.

Hari ini menjadi pengingat bahwa manusia patut bersyukur atas ditemukannya mesin pendingin alias kulkas.

Bayangkan jika di dunia ini tidak ada mobil berpendingin. Tidak hanya berguna untuk makanan dan minuman, mesin pendingin juga berguna untuk bidang kedokteran dan bidang medis. 

Hari ini pertama kali diperingati pada tanggal 26 Juni 2019. Faktanya, pendingin telah ada selama berabad-abad. Orang-orang di Tiongkok biasa memotong dan menyimpan es sekitar 1000 SM. 

Pada abad ke-18, orang Eropa membungkus es garam dengan kain flanel dan menyimpannya di bawah tanah.

Pendinginan modern baru dimulai pada tahun 1720 oleh William Cullen. Pada tahun 1835, Jacob Perkins, “bapak lemari es”, menerima paten pertama untuk siklus kompresi uap yang menggunakan amonia cair. 

Popularitas mesin pendingin berkembang pesat pada abad ke-19. Ini banyak digunakan pertama kali oleh pabrik bir dan kemudian oleh industri daging. Lambat laun, hal ini menjadi penting bagi keluarga. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top