Pascaintegrasi Infrastruktur di Jateng, Distribusi Gas Bumi Sektor Komersial di Semarang Menggeliat 

 

virprom.com – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mendapat angin segar untuk memperluas pasar ke sektor komersial di Jawa Tengah (Jateng). Hal ini merupakan dampak dari terintegrasinya infrastruktur transmisi Gresem, pipa Cisem-I dan jaringan pipa distribusi PGN. 

Keterhubungan ini juga menjadi peluang penting untuk mengoptimalkan pasokan, khususnya dari lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB).

Camat Semarang Sugianto Eko Cahyono menjelaskan, pasar komersil di Semarang terutama di sektor perhotelan. 

Penggunaan pipa meningkatkan kapasitas volume dan keandalan gas yang disalurkan ke pelanggan. 

Menurutnya, PGN terus menjaga nilai tambah gas bumi bagi pelanggan, yakni penyediaan gas bumi 24 jam sehari, efektif, aman, dan ramah lingkungan.

Baca selengkapnya: PGN optimalkan integrasi infrastruktur, targetkan peningkatan konsumsi gas bumi hingga 70 BBTUD di Jawa Tengah

Salah satu pelanggan komersial yang saat ini menggunakan gas pipa PGN adalah Hotel Gumaya. 

Hotel bintang lima ini mengonsumsi gas bumi PGN sebesar 500 juta British Thermal Units (MMBTU) per bulan atau setara dengan 14 kiloliter bahan bakar minyak (BBM) per bulan.

Gumaya Hotel menggunakan gas alam untuk dapur dan laundry. 

Gumaya Rohayat, Head of Hotel Engineering, mengatakan pemanfaatan gas bumi oleh PGN memungkinkan efisiensi biaya energi sekitar 40%. 

Selain itu, keselamatan yang menjadi perhatian operasional PGN sebagai bagian dari keluarga besar Pertamina grup menjadi salah satu pertimbangan kami dalam memilih gas bumi, ujarnya dalam siaran pers, Minggu (21/7/2024). . ). 

Penggunaan pipa juga menjamin pasokan lebih aman dan membantu menghitung konsumsi energi bulanan. 

Baca selengkapnya: Untuk memberikan manfaat gas langsung kepada masyarakat, BPH Migas mendorong PGN meningkatkan konsumsi gas

Selain itu, terdapat pencatatan konsumsi gas sehingga memudahkan penghitungan biaya operasional harian.

Rohayat mencatat, tekanan gas untuk dapur dan laundry terbukti stabil. Sejauh ini keandalan gas stabil, ujarnya.

Respon positif dan mengesankan pelanggan terhadap penerapan gas bumi PGN memperkuat harapan PGN untuk menjangkau pasar komersial yang lebih luas di Jawa Tengah. 

Dengan menyediakan dan mendukung infrastruktur tersebut, PGN berharap dapat memberikan kemudahan dalam niaga dan pelayanan gas bagi pelanggan. 

Gas alam yang ramah lingkungan juga berkontribusi terhadap promosi perusahaan ramah lingkungan.

PGN saat ini memasok 31 pelanggan industri dan komersial, 29 pelanggan kecil dan satu pembangkit listrik di wilayah Semarang. 

Baca selengkapnya: Konferensi Bisnis Pelanggan, PGN tegaskan dukungan industri terhadap pemanfaatan gas bumi secara berkelanjutan

Volume serapan pelanggan industri-komersial meningkat dari 0,5 miliar British Thermal Units per day (BBTUD) menjadi 3,5 BBTUD seiring terintegrasinya Pipa Gresem, Pipa Cisem I dan PGN.

 

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top