Israel Perintahkan Evakuasi Warga Gaza dari Zona Kemanusiaan

GAZA, virprom.com – Tentara Israel pada Senin (22/7/2024) memerintahkan evakuasi warga Jalur Gaza yang ditetapkan sebagai zona kemanusiaan.

Israel mengatakan daerah itu adalah tempat persembunyian Hamas dan tempat penembakan roket ke Israel.

Oleh karena itu, Israel berencana melancarkan operasi terhadap kelompok Hamas di wilayah yang mencakup zona kemanusiaan Muwasi bagian timur di bagian selatan Jalur Gaza.

Baca juga: 75 Drone Ukraina Serang Rusia, Salah Satunya Sebabkan Kebakaran Kilang Minyak

ABC News melaporkan bahwa banyak warga Palestina terpaksa mengungsi demi keselamatan beberapa kali selama kampanye udara dan darat Israel.

Pada awal Juli, Israel memperkirakan setidaknya 1,8 juta warga Palestina kini berada di zona kemanusiaan yang dinyatakan mencakup 14 kilometer di Mediterania.

Sebagian besar wilayah tersebut sekarang dipenuhi tenda-tenda tanpa fasilitas sanitasi dan kesehatan serta akses terbatas terhadap bantuan, kata PBB dan kelompok kemanusiaan.

Banyak keluarga tinggal di antara tumpukan sampah dan sungai yang tercemar oleh puing-puing.

Pengumuman tersebut muncul di tengah perundingan yang rumit untuk mencapai gencatan senjata di Gaza, dimana para pejabat AS dan Israel menyatakan harapan bahwa kesepakatan akan semakin dekat dibandingkan sebelumnya.

“Tim perunding akan dikirim pada hari Kamis untuk melanjutkan perundingan,” kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Mesir, Qatar dan Amerika terus mendorong Israel dan Hamas menuju perjanjian gencatan senjata bertahap untuk mengakhiri pertempuran dan membebaskan para sandera.

Netanyahu berangkat ke AS pada Senin pagi untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden, yang pada Minggu mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali, dan untuk berpidato di Kongres.

Netanyahu mengatakan siapa pun yang menjadi presiden AS berikutnya, musuh-musuhnya harus tahu bahwa Israel dan AS akan bersatu besok dan selamanya.

Baca Juga: Usai Keputusan ICJ, Palestina Desak Dunia Akhiri Pendudukan Ilegal Israel

Dia akan berterima kasih kepada Biden atas persahabatannya selama lebih dari 40 tahun, dan dia juga akan mendorong Biden untuk memberikan lebih banyak dukungan pada isu-isu tertentu.

Tentara Israel mengatakan pada hari Senin bahwa mereka terus beroperasi di Gaza tengah dan selatan. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top