WNI yang Kerja di Perkebunan Inggris Dipecat karena Lambat Kerjanya

LONDON, virprom.com – Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di bidang pertanian di Inggris harus dideportasi karena tidak bisa bekerja cukup cepat.

Faktanya, pada Mei 2024, salah satu pekerja menjual tanah dan mobil milik keluarganya serta orang tuanya dengan harga di Inggris lebih dari 2000 pound sterling (42 juta dolar).

Dia sedang menyelidiki tuduhan bahwa dia termasuk di antara pekerja yang ditipu hingga £1.100 (Rp 23 juta) oleh sebuah perusahaan Indonesia, yang mengatakan mereka akan segera dideportasi ke Inggris.

Baca juga: 6 juta warga Inggris berisiko terkena panas ekstrem

Di Indonesia, para pekerja ini mendapat penghasilan 100 pound (Rp 2 juta) per bulan dengan menjual makanan. Ia juga mengatakan bahwa orang tuanya sangat kecewa karena menjual segalanya untuk membantu anak-anaknya.

“Saya bingung dan marah dengan situasi ini. Saya tidak punya pekerjaan di Indonesia dan saya menggunakan seluruh uang saya untuk sampai ke Inggris,” ujarnya kepada Guardian, Minggu (21/7/2024).

The Guardian berbicara dengan empat pekerja yang dipecat dan dalam tiga kasus menemukan bukti pembayaran kepada pihak ketiga sekitar £1.000 (Rp20 juta) yang ditransfer untuk penerbangan dan visa untuk personel berlisensi.

Diketahui bahwa penerapan pungutan sewenang-wenang di Indonesia menimbulkan pertanyaan tentang bahaya penggunaan program pekerja sementara, yang memungkinkan pekerja asing mendapatkan visa dan bekerja di ladang dalam waktu enam bulan, namun ia harus menanggung masalah keuangan.

Haygrove, sebuah peternakan di Hereford yang memasok buah-buahan lunak ke supermarket Inggris, memberi tahu pria tersebut dan empat pekerja lainnya tentang kecepatan pemetikan sebelum mengirimkannya antara lima dan enam minggu setelah mulai bekerja. Perekrut menempatkan mereka di pesawat pulang keesokan harinya.

Baca juga: Inggris akan terus mendanai UNRWA untuk Gaza

Para pekerja mengatakan tujuan pertanian di Ledbury adalah memetik 20 kg ceri setiap jam. Salah satu pemanen yang digusur mengatakan: “Sangat sulit mencapai target karena hasil panen semakin berkurang setiap hari.

Ia depresi karena meminjam uang dari bank, teman, dan keluarga. Faktanya, dia berhutang lebih dari $20 juta.

“Kenapa saya bisa berakhir seperti ini? Saya di Indonesia sekarang tanpa pekerjaan.

Beverly Dixon, manajer pertanian di Haygrove, mengatakan pertanian tersebut memberikan penghargaan kepada pekerja atas kegagalan mereka dan mendukung mereka dalam upaya mereka untuk melakukan perbaikan.

Dia mengatakan target tersebut didasarkan pada standar yang dapat dicapai dengan sebagian besar pencuri terkadang menggandakan kecepatannya.

Kelima pria tersebut baru tiba di Inggris pada pertengahan Mei dan dideportasi di Haygrove pada 24 Juni 2024, dengan penghasilan antara £2.555 dan £3.874.

Namun, setelah dikurangi biaya perjalanan ke Inggris dan biaya hidup, beberapa orang mengaku berhutang banyak.

Dixon mengatakan Haygrove sangat prihatin mendengar keluhan tentang masalah keuangan yang dihadapi pekerja Indonesia, terutama jika satu atau lebih dari mereka harus membayar pekerja penyandang disabilitas di Indonesia dan DPR mendukung penuh penyelidikan GLAA.

The Guardian melaporkan bahwa warga negara Indonesia bisa tiba di Inggris dengan hutang hingga £5.000 dari pedagang asing ilegal pada tahun 2022.

Hutang tersebut berasal dari pihak ketiga, dan AG, lembaga Inggris yang mengambil alih, kehilangan izinnya untuk mendukung pekerja musiman.

Baca Juga: Menlu Inggris Kunjungi Israel dan Palestina Tuntut Diakhirinya Gaza

Sejak saat itu, Indonesia dianggap sebagai negara yang berbahaya untuk merekrut pekerja, namun inovator asal Inggris, Agri-HR, membuka kembali pekerjaan tersebut pada tahun ini. Nantikan berita dan pilihan terbaru kami di ponsel Anda. Pilih cara baru yang Anda inginkan untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top