Cerita Microsoft Mendominasi OS Komputer, Berawal dari MS-DOS

virprom.com – Microsoft merupakan pemilik sistem operasi (OS) Windows yang banyak digunakan di komputer di seluruh dunia, dengan penguasaan pasar mencapai lebih dari 85 persen menurut data Netmarketshare Juni 2024.

Tentu saja Microsoft tidak serta merta menjadi penguasa dunia komputer. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1975, namun selang beberapa tahun melejit.

Pada suatu ketika, pada tahun 1980, raksasa komputer pada masa itu, IBM, sedang bersiap meluncurkan produk baru berupa komputer untuk pengguna rumahan.

Baca juga: Baca Sejarah Microsoft, Dari DOS Hingga Windows dan Xbox

Nama Personal Computer alias PC masih melekat dengan istilah personal computer hingga saat ini. PC merupakan upaya IBM memasuki ruang konsumen untuk bersaing dengan Macintosh milik Apple, setelah awalnya hanya berkutat di kalangan korporat.

IBM menandatangani perjanjian dengan Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi yang akan digunakan pada PC. Microsoft kemudian mengakuisisi sistem operasi lain yang disebut 86-DOS oleh Seattle Computer Products (SCP), untuk di-porting ke IBM PC.

Dibeli dari SCP seharga 50.000 dollar AS, 86-DOS dianggap cocok karena mirip dengan OS CP/M yang sebelumnya digunakan pada komputer IBM, dan dapat dijalankan pada prosesor Intel 8086 yang digunakan pada PC.

Microsoft mengganti nama 86-DOS menjadi MS-DOS, kemudian melisensikannya ke IBM untuk menjualnya dengan nama PC DOS. Setahun kemudian, Microsoft melisensikan lebih dari 70 salinan MS-DOS.

Ada banyak perusahaan yang menggunakan sistem operasi MS-DOS dan itulah awal mula kekuasaan Microsoft dalam OS komputer. Merasa ditipu

Microsoft mencapai kesuksesan besar dengan MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) yang kemudian menjadi sistem operasi dominan karena digunakan oleh IBM PC dan komputer jenis lain yang merupakan “klon” dari PC atau lebih dikenal dengan “PC yang kompatibel”. .”.

Sebaliknya, dengan menjual 86-DOS ke Microsoft, SCP kehilangan aset terbesarnya. Perusahaan menggugat Microsoft karena praktik perdagangan yang tidak adil.

Baca juga: 5 Cara Cepat dan Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Windows

SCP antara lain merasa tertipu karena Microsoft tidak mengungkapkan niatnya untuk memasok 86-DOS ke IBM untuk digunakan pada PC IBM, sehingga sistem operasi tersebut dijual dengan harga murah.

Selain itu, Microsoft juga dituduh tidak menyediakan akses MS-DOS versi terbaru untuk digunakan dengan perangkat SCP. Padahal, akses tersebut merupakan bagian dari kesepakatan bersama.

Perselisihan antara SCP dan Microsoft diselesaikan di pengadilan pada tahun 1986. Microsoft membayar SCP 925.000 dolar AS dan tetap mempertahankan hak atas MS-DOS.

Saat itu, seperti dihimpun KompasTekno, dari MS-DOS hingga Windows

Microsoft juga terus mengembangkan MS-DOS. Pada tahun 1985, perusahaan merilis versi pertama sistem operasi Windows yang menjalankan MS-DOS 2.0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top