Ini Dampak Psikologis Anak Korban Kekerasan

virprom.com – Anak yang mengalami kekerasan seringkali menunjukkan dampak psikologis seperti sensitif, mudah menangis, tidak percaya pada orang baru, atau takut bertemu orang dewasa. 

“Ketika anak mengalami kekerasan dan ada dampak psikologisnya, biasanya anak menjadi sensitif, mudah menangis, tidak percaya pada orang baru, tidak mau bertemu orang, atau tidak percaya pada orang dewasa. Maka di situlah kita harus berada di sana. .untuk menenangkannya, temani dia,” kata psikolog anak dan keluarga Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Sani B. Hermawan, Minggu (04/08/2024) seperti ditulis Antara.

Baca juga: WHO Prihatin dengan Kekerasan dalam Hubungan Intim di Kalangan Remaja

Dijelaskan Sani, anak-anak korban kekerasan akan mengalami trauma dan tidak mudah melupakan kejadian tersebut.

Hal ini juga merujuk pada kasus dugaan penganiayaan anak di salah satu tempat penitipan anak di Depok, Jawa Barat.

Sani mengatakan, memberikan banyak aktivitas yang disukai anak juga bisa menjadi pilihan untuk merehabilitasi trauma masa kecil, agar anak lambat laun melupakan dampak kekerasan. Anak-anak juga bisa bermain bersama temannya dengan ditemani orang dewasa.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kekerasan Verbal dan Jenis-Jenisnya

Secara bertahap, anak-anak dapat diperkenalkan dengan komunitas dan masyarakat baru, dan ketika anak-anak mulai merasa nyaman dan kepercayaan mereka terhadap orang dewasa telah pulih, orang tua dapat mempertimbangkan untuk mengirim anak-anak mereka ke tempat penitipan anak yang lebih terhormat.

“Setelah anak merasa nyaman, kepercayaan terhadap orang dewasa sudah terbangun kembali, barulah anak bisa dititipkan ke tempat penitipan anak yang lebih terhormat,” ujarnya.

Langkah-langkah ini tidak hanya penting untuk pemulihan anak, tetapi juga untuk menjamin keselamatan dan kesejahteraan anak di masa depan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top