Intel Jelaskan Penyebab Prosesor Gen 13 dan Gen 14 Tidak Stabil

virprom.com – Produsen prosesor global Intel memberikan informasi adanya masalah pada Gen 13 dan Gen 14 yang kinerjanya tidak stabil.

Sebelumnya diberitakan bahwa prosesor tersebut rawan crash, terutama pada model papan atas yakni Intel Core i9-13900K dan Core i9-14900K.

Beberapa pengguna telah melaporkan kerusakan pada beberapa game beranggaran tinggi dan berperingkat fantasi (triple A/AAA) seperti Callisto’s Order dan Hogwarts Legacy.

Berbagai pengembang game, seperti Alderon Games, bahkan menuding Intel menjual prosesor cacat.

Menurut Intel, ketidakstabilan pada prosesor jenis ini terjadi karena peningkatan voltase yang disebabkan oleh algoritma mikrokode yang bermasalah. Karena algoritma kesalahan ini, permintaan tegangan ke CPU menjadi salah.

Baca juga: Pengembang Game Tuduh Intel Jual Prosesor Rusak yang Terus Crash

“Berdasarkan analisis cermat terhadap prosesor desktop Intel Core generasi ke-13 dan ke-14 yang dikembalikan kepada kami karena masalah ketidakstabilan, kami menemukan bahwa peningkatan voltase pengoperasian menyebabkan masalah ketidakstabilan,” tulis tangan karyawan Intel Thomas_Hannaford.

“Analisis kami terhadap regulator yang kembali mengonfirmasi bahwa peningkatan tegangan operasi disebabkan oleh algoritma mikrokode yang mengakibatkan permintaan tegangan yang salah ke CPU,” lanjutnya di situs Komunitas Intel.

Untuk memperjelas, mikrokode itu sendiri adalah tugas yang melibatkan penerjemahan instruksi pemrograman tingkat tinggi ke dalam operasi yang dapat dipahami dan dijalankan oleh CPU.

Intel juga mengatakan akan merilis pembaruan atau perbaikan mikrokode (patch) untuk mengatasi akar penyebab masalahnya. Patch mikrokode ini diuji untuk berbagai skenario ketidakstabilan untuk memastikan hasil yang optimal.

Pembaruan prosesor rencananya akan dirilis pada pertengahan Agustus 2024 untuk mitra Intel.

Artinya pemasok komponen motherboard (motherboard yang digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik ke komputer) akan merilis pembaruan BIOS mereka sendiri untuk motherboard seri Intel 600 dan 700 setelah pertengahan bulan.

Baca juga: Laptop dengan Prosesor Intel Baru Juga Rawan Crash

Pembuat chip juga mengonfirmasi bahwa masalah oksidasi memengaruhi prosesor Intel Gen 13, tetapi tidak terkait dengan ketidakstabilan prosesor Intel Gen 13 dan Gen 14 yang telah dibahas sebelumnya.

Sebelumnya, YouTuber teknologi Nexus Artists mengungkap kemungkinan penerapan solusi anti-oksidasi pada prosesor Intel secara tidak tepat, yang dapat menyebabkan kerusakan dan menyebabkan ketidakstabilan prosesor.

Terakhir, Intel menyarankan pengguna prosesor Intel Gen 13 dan Gen 14 yang mengalami masalah ketidakstabilan untuk menghubungi Dukungan Pelanggan Intel untuk bantuan lebih lanjut.

“Intel berkomitmen untuk memperbaiki (ketidakstabilan) ini bagi pelanggan kami dan kami terus meminta pelanggan yang mengalami ketidakkonsistenan untuk menghubungi Dukungan Pelanggan Intel,” tulis Thomas_Hannaford, seperti dilansir KompasTekno Komunitas Intel, Selasa (23/7/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top