Cara Menggunakan Google Classroom buat Pengajar

virprom.com – Google Classroom merupakan platform pengelolaan pembelajaran yang dikembangkan Google untuk sekolah dan institusi pendidikan lainnya. Platform ini dirancang untuk menyederhanakan proses pembuatan, pendistribusian, dan evaluasi tugas secara efisien dan terorganisir.

Guru dapat menggunakan Google Kelas untuk membuat ruang kelas virtual dan mengundang siswa untuk bergabung menggunakan kode kursus atau undangan email. melalui pos Selain itu, sebagai pengajar, Google Kelas membantu Anda membuat, mendistribusikan, dan mengelola tugas dengan lampiran dokumen, video, gambar, dan file lainnya dari Google Drive.

Siswa juga dapat berkolaborasi dengan lebih mudah dalam tugas kelompok dan proyek menggunakan dokumen bersama dan alat kolaborasi Google lainnya. Nah bagi Anda yang masih belum mengetahui cara menggunakan Google Classroom sebagai guru, berikut panduan langkah demi langkah cara menggunakan Google Classroom dengan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru dan Fitur-Fiturnya Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Buka https://edu.google.com/workspace-for-education/classroom/ menggunakan akun Google yang terdaftar di sekolah Anda (biasanya akun G Suite for Education Anda). Klik tanda “+” di pojok kanan atas dan pilih “Buat Kelas” untuk membuat kelas baru. Masukkan nama kelas, topik dan bagian (opsional). Anda juga dapat mengatur kode kelas untuk memudahkan siswa berpartisipasi. Anda kemudian dapat mengundang siswa ke kursus dengan memasukkan email sekolah mereka. alamat email atau dengan membagikan kode kelas. Fitur Google Classroom untuk guru pengelolaan kelas

Membuat dan mengelola kelas

Buat kelas baru, undang siswa ke email sekolah. email atau kode kelas dan tambahkan informasi penting seperti nama kelas dan mata pelajaran.

Mengalir

Dapat digunakan sebagai papan buletin kelas untuk memposting informasi penting, berbagi sumber daya (dokumen, tautan, video), memulai diskusi, dan mengajukan pertanyaan kepada siswa.

Rakyat

Dapat digunakan untuk melihat daftar siswa dalam suatu kursus, mengelola izin mereka (seperti kemampuan untuk memposting ke aliran), dan memantau aktivitas mereka.

Tugas Kursus Tempat untuk membuat dan mengelola berbagai jenis tugas, termasuk: Tugas Menulis: Biarkan siswa mengerjakan sebuah tulisan dan mempresentasikannya ke seluruh kelas. Pertanyaan: Ajukan pertanyaan langsung kepada siswa untuk merangsang diskusi atau memeriksa pemahaman mereka. Kuis: Buat kuis pilihan ganda, jawaban singkat, atau esai menggunakan Google Formulir yang dapat dinilai secara otomatis. Tugas dengan file: Memungkinkan siswa menyelesaikan tugas yang memerlukan penyerahan file (seperti dokumen, spreadsheet, presentasi).

Jadwal otomatis

Tetapkan tenggat waktu tugas dan buat kalender kelas secara otomatis untuk membantu siswa dan guru tetap teratur.

Departemen Evaluasi

Membuat rubrik penilaian untuk memberikan kriteria penilaian yang jelas dan memastikan penilaian yang konsisten dan transparan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top