Apakah Daun Pepaya Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah? Ini Ulasannya…

virprom.com – Daun pepaya mengandung senyawa dan nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Namun, apakah daun pepaya bisa menurunkan gula darah?

Ternyata daun pepaya mampu menurunkan kadar gula darah dengan melindungi sel-sel yang bertugas memproduksi insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

Selain itu, mengonsumsi daun pepaya juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti mengurangi gejala demam berdarah, kesehatan pencernaan, dan mengurangi peradangan.

Untuk lebih jelasnya, temukan manfaat daun pepaya untuk menurunkan gula darah dan manfaat kesehatan lainnya di bawah ini.

Baca juga: Apa saja manfaat daun pepaya bagi kesehatan? Berikut daftar 9… Apakah daun pepaya bisa menurunkan gula darah?

Ternyata, daun pepaya bisa menurunkan gula darah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2024 di BMC Journal of Complementary Medicine and Therapeutics, daun pepaya kaya akan antioksidan dan mungkin memiliki efek menurunkan gula darah.

Penelitian tersebut melibatkan penggunaan hewan percobaan yang mengalami obesitas dan pradiabetes, yaitu tikus dewasa.

Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya yang dipadukan dengan diet ketat dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah puasa.

Ekstrak daun pepaya dapat memberikan efek positif terhadap kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

Efek ini akan mengurangi gejala gula darah tinggi pada penderita diabetes dan penderita obesitas.

Faktanya, penggunaan ekstrak daun pepaya memberikan hasil yang lebih baik dalam menurunkan gula darah dibandingkan sekadar mengubah pola makan.

Namun manfaat serupa pada manusia belum diketahui secara pasti sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Apa Manfaat Menggunakan Biji Pepaya? Berikut adalah daftar 8… manfaat daun pepaya bagi kesehatan

Selain menurunkan gula darah, mengonsumsi daun pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan.

Menurut Healthline, daun pepaya memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti: mengurangi gejala demam berdarah dengan meningkatkan kadar trombosit dalam darah, mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti kembung dan mulas, serta memperbaiki kondisi saluran pencernaan internal. dan kondisi peradangan eksternal seperti ruam kulit, nyeri otot dan sendi, mendukung pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Kulit yang sehat mencegah perkembangan kanker, seperti kanker prostat dan payudara, dengan mengurangi pori-pori tersumbat dan jerawat.

Memahami apakah daun pepaya dapat menurunkan gula darah sangat penting karena dapat menjadi obat alami gula darah tinggi.

Namun masih diperlukan penelitian tambahan, sehingga sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai konsumsinya.

Daun pepaya secara umum aman dikonsumsi, namun sebaiknya tetap batasi atau hindari jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti sedang hamil atau menyusui.

Baca juga: Penyakit Apa Saja yang Diobati Biji Pepaya? Berikut daftar 7… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top