Mitos atau Fakta, Matikan Mesin tapi AC Hidup Bikin Cepat Rusak

JAKARTA, virprom.com – Saat mematikan mesin mobil, AC harus dimatikan. Namun terkadang pemilik lupa mematikan mesin mobil saat AC menyala.

Pertanyaan umum adalah, apakah perilaku ini dapat merusak sistem AC mobil?

Baca juga artikel ini: Penjelasan Kenapa Ban Mobil Bisa Slip Saat Berkendara di Tanjakan

Andrew Prakusvo, pemilik Bengkel Spesialis AC Fortune mengatakan, sistem AC tidak berpengaruh meski mesin mobil dimatikan tetapi AC menyala.

Sebenarnya AC tidak berpengaruh. Hanya saja biasanya mengganggu mesin mobil, kata Andrew yang ditemui virprom.com di Cibubur, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Dijelaskan Andrew, jika mesin mobil dimatikan namun AC tetap menyala, maka akan membebani mesin saat dihidupkan kembali.

Baca juga: Hyundai berharap pemerintah fokus pada mobil listrik, bukan mobil listrik

Pasalnya, kata Andrew, saat mesin mobil dihidupkan, kompresor AC langsung berputar sehingga dapat membebani mesin.

“Biasanya (saat kita menghidupkan mesin mobil) kita harus memanaskannya terlebih dahulu, seperti ketika mobil memiliki simbol biru seperti sisir biru, artinya oli belum bertambah sehingga kita memberi beban pada mesin. ” dia berkata.

“Tapi kalau punya AC, tidak masalah. Itu mitos,” kata Andrew. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top