Fokus Kemenkes dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

virprom.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia fokus menyehatkan masyarakat, bukan sekadar menyembuhkan. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lucia Rizka Andalusia di Roche Fair 2024. 

“Program Kementerian Kesehatan adalah menjadikan masyarakat Indonesia lebih sehat, tidak hanya sebagai pengobatan saja, kita perlu menata sumber daya manusia kita yang berdaya saing dan bertalenta juga agar masyarakat kita tetap sehat, produktif,” kata Rizka. ” , Sabtu (3/8/2024).

Untuk mencapai hal ini, Kementerian Kesehatan terus melakukan transformasi layanan kesehatan primer dengan secara bertahap beralih dari tindakan pengobatan ke tindakan penjangkauan dan pencegahan.

“Saat ini kami fokus mengintegrasikan layanan primer antara puskesmas dan posyandu untuk meningkatkan layanan peninjauan,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat yang sehat dan produktif sangat penting untuk mencapai Indonesia Emas 2045, dimana Indonesia diharapkan menjadi negara berpendapatan tinggi.

“Hal ini sangat penting bagi kita untuk menciptakan generasi penerus generasi muda Indonesia yang berdaya saing dan bertalenta, serta menyukseskan Indonesia Emas 2045 dan keluar dari middle income trap,” ujarnya.

Menurut Kementerian Kesehatan, saat ini terdapat sekitar 4,8 juta anak yang lahir di Indonesia yang diharapkan memiliki kualitas hidup, kesehatan, dan kecerdasan yang tinggi, sehingga pelayanan sosialisasi dan pencegahan di tingkat puskesmas dan posyandu sangat tinggi. Diperlukan.

“Tidak hanya anak-anak balita, kita juga melakukan intervensi terhadap masalah kesehatan di semua tahapan kehidupan, mulai dari remaja, muda, hingga lansia, kita jaga kualitas kesehatannya,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya diagnosis yang tepat agar intervensi pasien dapat dilakukan dengan cepat.

“Saat ini beban penyakit telah beralih ke penyakit tidak menular. Pembiayaan kesehatan yang tertinggi adalah untuk penyakit degeneratif dan penyakit kardiovaskular. Untuk itu, penting bagi kita untuk memiliki akses terhadap peralatan medis untuk diagnosis yang efektif. dan efektif, tetapi ia juga terjangkau.

Ia menekankan, program Indonesia Sehat merupakan salah satu tujuan yang dicapai dengan membangun sistem kesehatan yang berketahanan dan responsif sehingga masyarakat Indonesia dapat hidup lebih lama dan sehat. Dengarkan berita terbaru dan berbagai informasi kami langsung di perangkat seluler Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top