Survei Litbang “Kompas”: 74,4 Persen Publik Yakin Pansel KPK Usulkan Capim Kredibel

JAKARTA, virprom.com -Sebagian besar masyarakat yakin Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Badan Pengendalian Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) akan bekerja dengan baik dan menghasilkan calon yang kredibel.

Hal ini tercermin dari hasil survei Litbang Kompas pada 20-22 Mei 2024 yang menunjukkan 74,4 persen responden menilai Pansel KPK mengusulkan nama-nama kredibel untuk menjadi pimpinan KPK dan anggota Dewan Pengawas KPK.

“Sebanyak 74,4 persen responden menilai Pansel calon pimpinan KPK dan Dewas KPK akan bekerja secara profesional,” tulis Litbang Kompas, dikutip Kompas.id, Senin (10/6/2024).

Sosok yang akan diusulkan menjadi pimpinan atau Dewas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini diharapkan bertujuan agar lembaga antirasuah tersebut semakin kredibel, profesional, dan berintegritas.

Baca juga: Pansel akan mencari 10 nama pimpinan utama KPK untuk diajukan ke Jokowi

Meski begitu, terdapat 21,7 persen responden yang kurang yakin dengan profesionalisme tim Pansel KPK, dan sisanya menjawab tidak tahu.

Pendaftaran calon pimpinan KPK dan anggota Dewas KPK berlangsung pada tanggal 26 Juni hingga 15 Juli 2024 melalui laman Pengurus Panitia Seleksi Elektronik (APEL) dengan alamat laman: https://appel .setneg.go.id.

Jajak pendapat ini dilakukan melalui metode wawancara telepon terhadap 516 responden dari 38 provinsi seluruh Indonesia.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 41,3 Persen Masyarakat Tak Puas dengan Kinerja KPK

Sampel dalam jajak pendapat ini ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi penduduk di masing-masing provinsi.

Dengan metode tersebut, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian sebesar ± 4,32 persen dengan kondisi sederhana yaitu random sampling.

Namun, kesalahan di luar sampel mungkin saja terjadi. Survei ini didanai sepenuhnya oleh harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top