Lebih Keras dari Biden, Kamala Haris Tekan Netanyahu Akhiri Penderitaan di Gaza

Washington DC, virprom.com – Wakil Presiden AS Kamala Harris pada Kamis (25/7/2024) mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk membantu mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Menurutnya, hal ini akan meringankan penderitaan warga sipil Palestina.

Harris mengambil nada yang lebih keras daripada Biden dalam sambutannya.

Baca juga: Trump Sebut Kamala Harris Seorang Kiri Radikal

“Sudah waktunya perang berakhir,” kata Harris dalam pernyataan yang disiarkan televisi setelah berbicara tatap muka dengan Netanyahu, menurut Reuters.

Harris, yang kemungkinan akan menjadi calon presiden dari Partai Demokrat setelah Biden mundur dari pencalonan, menegaskan kembali pendiriannya mengenai krisis kemanusiaan yang melanda Gaza setelah sembilan bulan perang antara Israel dan militan Hamas.

“Kita tidak bisa membiarkan penderitaan melumpuhkan kita dan saya tidak akan tinggal diam,” katanya.

Nada bicara Harris yang tajam dan serius menimbulkan pertanyaan apakah dia akan lebih agresif dalam menghadapi Netanyahu jika dia terpilih sebagai presiden pada 5 November.

Namun, para analis tidak memperkirakan adanya perubahan besar dalam kebijakan Amerika terhadap Israel, sekutu terdekat Washington di Timur Tengah.

Konflik dimulai pada 7 Oktober, ketika Hamas menyerang Israel selatan dari Gaza, menewaskan 1.200 orang dan menangkap lebih dari 250 orang, menurut data Israel.

Serangan balik Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 39.000 orang dan menyebabkan bencana kemanusiaan di sebagian besar wilayah pesisir, tempat orang-orang meninggalkan rumah mereka, kelaparan dan tanpa bantuan darurat.

Baca juga: Olivia Rodrigo Dukung Kamala Harris Perjuangkan Hak Reproduksi

Biden sebelumnya bertemu dengan Netanyahu, namun belum memberikan pernyataan akhir.

Para pembantunya mengatakan dia meminta penghentian pembicaraan tatap muka pertamanya dengan seorang pemimpin Israel sejak Biden melakukan perjalanan ke Tel Aviv beberapa hari setelah 7 Oktober.

Baca juga: Jajak pendapat Reuters/Ipsos terbaru: Kamala Harris unggul tipis atas Trump

Netanyahu akan bertemu saingan Harris dari Partai Republik Donald Trump di klub Trump Mar-a-Lago di Florida pada Jumat (25/7/2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top