Saat Beli Mobil Matik Bekas, Usia atau Kilometer yang Lebih Penting?

SOLO, virprom.com – Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas adalah usia dan jarak tempuh.

Kedua faktor ini berperan penting dalam menentukan kondisi dan umur kendaraan. Usia mobil bisa menjadi cerminan dari teknologi dan fitur yang Anda dapatkan.

Padahal jarak tempuh seringkali dianggap sebagai indikator terpenting tingkat keausan pada komponen kendaraan, terutama pada mobil bertransmisi matic, yang dianggap berisiko rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: Marquez Akui Tak Berencana Kalahkan Rekor Juara Dunia Rossi

Calon pembeli perlu mempertimbangkan usia dan jarak tempuh mobil, tapi mana yang lebih penting?

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan jarak tempuh yang lebih buruk antara kedua hal tersebut saat membeli mobil matic bekas.

“Condong ke arah satu kilometer. Semakin tinggi kilometer, maka kerusakan yang ditimbulkan akan semakin besar,” kata Muchlis kepada virprom.com, Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, Muchlis mengatakan, jarak tempuh ideal mobil matic bekas adalah di bawah 100.000 kilometer.

“Kalau jarak tempuh ideal untuk membeli mobil matic adalah di bawah 100.000 km, karena mobil matic sering mengalami kendala di atas 150.000 km,” kata Muchlis.

Meski demikian, Muchlis juga tidak memungkiri, kilometer yang ditempuh disesuaikan dengan tahun produksi mobil tersebut.

Baca juga: Honda hadirkan 5 mobil elektrifikasi dan mobil konsep di GIIAS 2024

Soal kerusakan, Muchlis mengatakan banyak jenis kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic bekas dengan jarak tempuh di atas 150.000.

“Seringkali liner mulai tipis, seal piston mulai bocor, ada tanda-tanda lag di D atau R, dan terasa kotor,” kata Muchlis.

Namun tidak menutup kemungkinan mobil bekas dengan jarak tempuh kurang dari 100.000 kilometer juga bisa berisiko rusak.

“Yah, memang kalau pemakaiannya berat atau jarang perawatannya, sebaiknya dihindari,” kata Muchlis. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top