Gandeng Broadcom, OpenAI Dikabarkan Bikin Chip AI Sendiri

virprom.com – Perusahaan kecerdasan buatan OpenAI diketahui mengandalkan produk GPU Nvidia untuk menginstal dan menjalankan berbagai layanan AI.

Namun situasi ini mungkin berubah di masa depan, karena OpenAI mengumumkan bahwa mereka sedang mencoba mengembangkan chip AI-nya sendiri bekerja sama dengan produsen semikonduktor Amerika, Broadcom.

CEO OpenAI Sam Altman dilaporkan telah mengambil langkah untuk mengurangi ketergantungannya pada GPU Nvidia, selain menyediakan suku cadang dan infrastruktur untuk mendukung model AI.

Baca Juga: OpenAI Rilis Model Kecerdasan Buatan GPT-4o Mini, Ringan, Cerdas, dan Berbiaya Rendah

Sebelumnya, sebagai bagian dari inisiatif untuk mengembangkan chipnya sendiri, OpenAI mempekerjakan mantan karyawan Google untuk membantu mengembangkan AI Tensor Processing Unit (TPU) raksasa Internet tersebut.

Pada awal tahun 2024, Altman juga mengumumkan niatnya untuk mengumpulkan $100 miliar untuk membangun jaringan pabrik semikonduktor.

Seperti dilansir TechSpot KompasTekno, Senin (22 Juli 2024), Altman dikabarkan sedang berdiskusi dengan Broadcom mengenai pengembangan chip AI.

Kemitraan dengan Broadcom tampaknya didasari oleh fakta bahwa perusahaan tersebut memiliki banyak pengalaman dalam mengembangkan chip AI. Latitude juga diketahui bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan chip TPU yang sudah mencapai generasi keenam.

Baca Juga: TikTok dikabarkan membuat chip AI sendiri bekerja sama dengan perusahaan AS

Selain itu, Broadcom memiliki keahlian dalam mengembangkan sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC) yang memenuhi kebutuhan OpenAI akan chip untuk tujuan tertentu.

Broadcomm juga memiliki beragam portofolio alat komunikasi data seperti komponen jaringan, pengontrol Plu dan SSD.

Namun menurut sumber yang berbicara kepada The Information, OpenAI belum memulai proses desainnya sehingga diperkirakan akan siap diproduksi pada awal tahun 2026. Lihat berita terkini dan apa yang kami tawarkan langsung di situs web Anda. telepon genggam Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top