Sedot Lemak Bukan Cara Instan untuk Menurunkan Berat Badan

virprom.com – Dokter Spesialis Bedah Plastik Dr. Qori Haly, SpBP-RE menjelaskan, tujuan sedot lemak atau liposuction adalah untuk body contouring atau pembentukan tubuh, bukan cara instan untuk menurunkan berat badan.

“Sedot lemak dapat dilakukan pada beberapa pasien dengan berat badan stabil namun memiliki lapisan lemak berlebih di bagian tubuh tertentu, misalnya lengan,” kata Dokter Qori dalam konferensi pers yang digelar Dewan Pengurus Indonesia. Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Rabu (31/7/2024).

Meski menghilangkan lemak di area tubuh tertentu bisa membantu menurunkan berat badan, Dr. Qory bahwa sedot lemak bukanlah cara instan untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Keunggulan Mini Liposuction Terbaru, Sedot Lemak dengan Bius Lokal

Ketua Ikatan Ahli Bedah Plastik Rekonstruksi Estetika Indonesia Cabang Jabodetabek Banten ini juga menjelaskan, proses sedot lemak berisiko tinggi dan dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik bedah plastik. Risiko muncul akibat prosedur anestesi atau selama prosedur pembedahan.

Kerusakan jaringan lunak juga bisa terjadi jika pembuluh darah terpotong. Lalu berbahaya, salah satunya menembus rongga atau organ. Bisa juga menyebabkan emboli lemak yang bisa menyumbat pembuluh darah di otak atau jantung dan menyebabkan a stroke,” tambah Qori.

Publik baru-baru ini dihebohkan dengan kabar seorang selebgram (selebgram) Instagram yang meninggal usai sedot lemak.

Kasus ini kemudian diusut polisi karena sang selebgram menjadi korban malpraktik di sebuah klinik kecantikan di Kota Depok, Jawa Barat.

Untuk mencegah kasus serupa, dr Qori menyarankan pasien menggali informasi tentang dokter yang akan melakukan bedah kosmetik, memastikan rumah sakit atau klinik utama yang dituju terjamin kualitasnya, dan pasien sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis terdaftar. Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

“Kita bisa searching di website KKI (idi.org atau inaparas.org) untuk mengetahui apakah dokter tersebut mempunyai kompetensi untuk melakukan bedah estetika. Lainnya,” kata Dokter Qory.

Baca juga: 8 Risiko Sedot Lemak yang Harus Anda Pertimbangkan

Prosedur operasi plastik seperti sedot lemak umumnya aman selama prosedurnya diikuti, dilakukan oleh dokter yang berkompeten, dan didukung oleh fasilitas kesehatan yang sesuai.

Pastikan Anda mengetahui apa yang Anda inginkan atau carilah rekomendasi, konsultasikan dengan dokter spesialis, dan lakukan pemeriksaan penunjang lainnya sebelum menjalani prosedur sedot lemak atau operasi plastik lainnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top