Dokter Sebut Masalah Irama Jantung Sering Dialami Perempuan

virprom.com-Wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan irama jantung atau aritmia dibandingkan pria, dan dapat terjadi pada usia berapa pun.

Gejalanya bermacam-macam, kadang melemahkan, tapi bangun lagi. Kalau tidak bangun, jantungnya berhenti, kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Sunu Budhi Raharjo, Ph.D., Sp. 30/7/2024)JP(K).

Baca Juga: 7 Gejala Aritmia Yang Jangan Pernah Anda Abaikan

Masalah irama jantung atau aritmia biasanya tidak dapat dijelaskan dan ditandai dengan jantung berdebar saat tubuh tidak aktif, kata Sunu. Seringkali jantung berdetak lebih cepat saat tidur.

Dalam kasus aritmia yang lebih parah, pasien mungkin pingsan atau pingsan. Perawatan harus segera dilakukan dengan pompa jantung yang memadai.

Aritmia juga dapat menyebabkan penderita mengalami kram, seperti kejang otot jantung. Pasien pingsan karena tidak ada suplai darah dari jantung ke otak.

Baca juga: Aritmia

Serangan aritmia, kata Sunu, bisa terjadi pada usia muda maupun tua. Pasalnya, aritmia bisa muncul secara tiba-tiba tanpa pengaruh faktor degeneratif atau bertambahnya usia.

Sepertinya pohon penyebab parasit kan? Aorta ini tidak terpengaruh oleh faktor degeneratif selain serangan jantung, banyak di antaranya adalah hipertensi yang sudah berlangsung lama, diabetes yang sudah berlangsung lama, kolesterol tinggi, dan biasanya merokok, – kata Sunu .

Sunu juga menambahkan, aritmia yang umum terjadi pada wanita dapat menyebabkan serangan jantung yang berujung pada henti jantung. Pada masa emas, pengobatan harus segera dilakukan untuk mencegah serangan jantung.

“Kalau serangan jantung diawali dengan nyeri dada, keringat dingin luar biasa, sesak napas, itu serangan jantung. Sebaiknya segera dirawat di rumah sakit,” tambah Sunu. Dapatkan berita terkini dan simak langsung beritanya.mobile.Kompas .com Pilih saluran berita favorit Anda untuk diakses: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan aplikasi WhatsApp telah diinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top