AHY Tegaskan KIM Solid, Perbedaan Dukungan pada Pilkada Banten Hal Wajar

JAKARTA, virprom.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta isu politik pada Pilkada Banten (Pilkada) 2024 tidak boleh diberkati.

Dia tak ingin perbedaan langkah politik di Pilkada Banten memberi kesan Aliansi Progresif Indonesia (KIM) tidak yakin.

“Saya harap ini tidak meledak menjadi sesuatu yang membuat KIM terlihat tidak bersatu, KIM tidak aman, saya harap tidak terlalu jauh,” kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklik, Menteng, Jakarta. , Kamis (10/7/2024).

Baca juga: Stabilitas KIM saat Pilkada akan Tergantung Kepentingan Daerah dan Keuangan Negara

Ia mengatakan, KIM sejak awal mempunyai keinginan untuk melanjutkan kerja sama pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 hingga Pilkada Serentak 2024.

Namun partai politik di daerah seringkali berbeda dengan di tingkat pusat.

Oleh karena itu, terdapat kesepakatan internal antar pimpinan partai politik (parpol) bahwa anggota KIM akan saling menghormati jika berbeda pendekatan politik.

“Kami saling menghormati dan saling memahami jika tidak bersama,” ujarnya.

Baca juga: AHY Sebut Jokowi Tak Berikan Kaesang ke Parpol Demokrat dan KIM

Di sisi lain, berimbas pada koalisi politik pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024 yang mempersatukan parpol KIM.

Pasalnya, saat ini Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah merekomendasikan dukungannya terhadap Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

“Masuk akal kalau ada daerah yang kita bisa bersatu dan kuat, misalnya Jawa Timur kenapa hanya saat kampanye, tapi juga sebelumnya,” jelasnya.

Baca juga: Gerindra Sebut Arah Dukungan KIM di Pilkada Jakarta Akan Jelas Dalam Beberapa Pekan Ini

Jadi banyak faktor yang kita pertimbangkan, tapi sekali lagi kita ingin menang pasti dan nyaman, tambah AHY.

Kita tahu, KIM tidak memilih terkait pemilihan calon gubernur (bacagub) dan calon wakil gubernur (bacawagub) di Pilkada Banten.

Partai Golkar memilih kadernya Airin Rachmi Diany sebagai gubernur, sedangkan Gerindra memilih saingannya yakni Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top