Bertemu Menlu Hakan Fidan, Prabowo Sebut Turkiye Mitra Strategis untuk Indonesia

Jakarta, Kompas. com – Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Sabianto mengatakan Turki merupakan mitra penting bagi Indonesia.

Pengumuman itu disampaikan Prabowo saat bertemu Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan di rumah Hakan di Ankara pada Senin (29/7/2024) malam waktu setempat.

“Kami melihat Turki sebagai mitra strategis yang penting. Kerja sama kedua negara akan memberikan manfaat besar bagi kedua negara,” kata Prabowo dalam keterangan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan, Selasa (30/7/2024).

Dikatakannya, di bidang industri militer (alutsista), Indonesia melalui Kementerian Pertahanan RI menjalin kerja sama dengan Turki dengan membeli 12 unit kendaraan tanpa awak atau drone ANKA produksi Dirgantara Turki.

Baca juga: Prancis dan Serbia, dari Prabowo hingga Turki hingga bertemu Erdogan

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo dan Hakan Fidan juga membahas isu-isu penting yang sedang berkembang di Tanah Air dan dunia.

Itu merupakan acara pertama yang diusung Prabowo saat tiba di Bandara Internasional Ankara Esenboga, Senin, sekitar pukul 17.20 waktu setempat.

Dalam kunjungannya ke Turki, Prabowo juga akan bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Menteri Pertahanan Turki Yasser Guler.

Sebelumnya, Prabowo bertemu dengan Presiden Republik Serbia, Aleksandar Vucic, dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, saat berkunjung ke Eropa pekan lalu.

Baca Juga: Saatnya Prabowo Tantang Presiden FIFA Cetak Gol, Berhasil di Tendangan Kedua

Bersama Macron, Prabowo mengucapkan selamat kepada Prancis yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 yang digelar Juli hingga 11 Agustus.

Prabowo menyatakan tekadnya untuk memperkuat kerja sama dengan Prancis, khususnya di bidang pertahanan.

Prabowo juga menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Paris di Sungai Seine, Paris, Jumat (26/7/2024) malam waktu setempat. Dengarkan berita dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top