Apa Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Wanita? Berikut 18 Daftarnya…

virprom.com – Sering buang air kecil bisa menjadi gejala adanya gangguan kesehatan. Lantas, apa penyebab sering buang air kecil pada wanita?

Ternyata banyak penyebab sering buang air kecil pada wanita, seperti penyakit saluran kemih, kehamilan, diabetes, dan menopause.

Kondisi ini dapat diatasi dengan banyak melakukan perubahan kebiasaan, menghindari kebiasaan minum berlebihan dan berolahraga pada kandung kemih.

Untuk lebih jelasnya, cari tahu penyebab sering buang air kecil pada wanita dan cara mengatasinya di bawah ini.

Baca juga: Apakah Sering Buang Air Kecil Itu Normal? Berikut penjelasannya… Apa penyebab sering buang air kecil pada wanita?

Tampaknya sering buang air kecil pada wanita dapat menyebabkan sejumlah kondisi, termasuk beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes dan infeksi.

Dikutip dari Medical News Today dan Healthline, ada banyak penyebab sering buang air kecil pada wanita yang patut diketahui, seperti: Batu kandung kemih, yaitu batu yang terbentuk akibat timbunan mineral di kandung kemih Diabetes Sistitis interstisial, penyakit peradangan kronis pada kandung kemih. Kadar estrogen yang rendah, termasuk pada wanita yang telah memasuki masa menopause Kandung kemih yang terlalu aktif, yaitu penyakit kandung kemih yang meningkatkan frekuensi infeksi saluran kemih, seperti gangguan ureter, kandung kemih, uretra, dan dasar panggul, otot dasar panggul yang lemah, Obesitas yang menyebabkan kelebihan berat badan memberikan tekanan yang lebih besar pada kandung kemih. kandung kemih Kehamilan dimana janin yang sedang tumbuh memberi tekanan lebih besar pada kandung kemih Melahirkan yang melemahkan otot dasar panggul Cedera pada kandung kemih, tulang belakang dan panggul Kelainan saraf, seperti stroke dan multiple sclerosis Kebiasaan menahan kencing agar bakteri lebih mudah masuk ke dalam kandung kemih saluran kemih mengonsumsi obat diuretik, yang mengurangi penumpukan cairan dalam urin. infeksi dan batu ginjal Kanker kandung kemih

Sering buang air kecil lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria.

Pasalnya, uretra pada wanita lebih pendek sehingga bakteri lebih mudah menginfeksi saluran kemih dan menyebabkan kondisi tersebut.

Baca juga: Apa Akibat Inkontinensia Urin? Berikut 5 daftarnya…

Cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita

Cara mengatasi sering buang air kecil pada wanita seringkali tergantung dari penyebabnya.

Jika penyebab sering buang air kecil adalah infeksi bakteri, sebaiknya minum antibiotik.

Selain itu, terdapat pula cara pengobatan dan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sering buang air kecil pada wanita, seperti: Mengubah kebiasaan seperti menghindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan iritasi kandung kemih terutama pada malam hari sebelum tidur, olahraga untuk menguranginya. frekuensi buang air kecil

Namun, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika sering buang air kecil disertai gejala lain, seperti demam dan nyeri saat buang air kecil.

Pasalnya, beberapa gejala yang muncul mungkin merupakan gejala infeksi yang perlu ditangani secara medis.

Dengan begitu, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apa saja penyebab sering buang air kecil pada wanita dan bisa segera mendapatkan obat serta perawatan yang tepat. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top