57 Calon Anggota Kompolnas Dinyatakan Gugur, Ada yang Terbukti Curang

JAKARTA, virprom.com – 57 orang yang berpeluang masuk Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2024-2028 dinyatakan tidak memenuhi syarat usai melalui tahap seleksi ujian tertulis, Kamis (1/8/2024).

Sekretaris Panitia Penerimaan Calon Kompolnas (Pansel) Yenti Garnasih mengatakan, 50 peserta dinyatakan gagal dalam ujian tertulis berdasarkan hasil evaluasi kelompok Pansel pada Rabu (31/07/2024).

Selain itu, 6 peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak mengikuti tes tertulis seleksi calon anggota Kompolnas pada Selasa (30/7/2024).

Pada Kamis (8/1/2024), Yenti menyampaikan, “Enam orang yang tidak hadir, sesuai pengumuman kami sebelumnya, yang tidak hadir dinyatakan tidak memenuhi syarat.”

Baca juga: Warganet Diminta Berikan Pendapat Soal Nama 107 Anggota Kompolnas

Anggota komisi calon anggota Kompolnas, Bekto Suprapto mengatakan, ada beberapa peserta yang dinyatakan tidak lulus karena kedapatan melakukan kecurangan saat mengikuti tes tertulis.

Salah satu peserta kedapatan membawa catatan rahasia dan membukanya saat tes tertulis. Berdasarkan hal tersebut, Majelis Pansel menyatakan hasil tes tertulis peserta tidak bernilai poin.

‘Apa yang direncanakan adalah mengedepankan catatan-catatan sebelumnya dan berupaya membuka kunci catatan-catatan rahasia itu. Oleh karena itu, kami memutuskan bahwa hal ini tidak boleh dibandingkan. “Itu kesepakatan kita,” katanya. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 101 calon anggota Kompolnas periode 2024-2028 telah menyelesaikan putaran ujian tertulis pada Selasa (30 Juli 2024).

Peserta tes tertulis merupakan orang-orang yang sebelumnya telah dinyatakan berhasil dalam proses seleksi pengurus anggota Kompolnas.

Baca juga: Ini Daftar 107 Anggota Kompolnas yang Menang dalam Pilkada Pimpinan

Dari 101 orang yang mengikuti tes tertulis, 50 orang diantaranya dinyatakan berhasil berdasarkan hasil Pansel Group pada Rabu (31/07/2024).

“Semua itu terjadi tadi malam. “Hanya tersisa 50 orang,” kata Hermawan Sulistyo, ketua panitia penamaan kepolisian.

Peserta yang lolos adalah 39 laki-laki dan 11 perempuan. Mereka selanjutnya akan melalui tahapan seleksi 5-6 dokter. Agustus 2024 Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda memiliki aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top