Nvidia Disebut Siapkan Chip AI Baru Khusus China

virprom.com – Larangan ekspor chip AI ke China membuat Nvidia, salah satu produsennya, harus memikirkan cara memproduksi produk yang sesuai dengan regulasi AS.

Baru-baru ini dikabarkan bahwa pabrikan GPU tersebut sedang menyiapkan versi khusus dari chip AI andalannya, Blackwell B200, yang kinerjanya akan diturunkan agar dapat terus dikirimkan ke China.

Produk yang diberi nama “B20” ini rencananya akan diluncurkan tahun depan, sekitar kuartal kedua tahun 2025. Spesifikasinya masih belum diketahui, namun B20 diharapkan menjadi chip AI entry-level dengan performa yang sangat berbeda dari B200.

Pada tahun 2022, Amerika Serikat mulai memberlakukan pembatasan ekspor produk chip AI ke Tiongkok karena kekhawatiran akan penggunaannya untuk tujuan militer. Baru-baru ini, pembatasan telah diperketat.

Baca juga: Manuver Baru Amerika Terkait Ekspor Chip dan Menghadapi Perkembangan Militer China

Ekspor produk chip AI dibatasi berdasarkan kinerjanya yang diukur dalam “total kekuatan pemrosesan” atau unit TPP, yaitu kombinasi dari total kinerja komputasi (TFLOPS) dan tingkat akurasi komputasi chip AI tersebut.

Sesuai aturan terbaru, performa maksimal chip AI yang bisa diekspor ke China adalah 4.800 ton per poin. Performa produk chipset AI Nvidia saat ini, Hopper H100 dan H200, jauh melampaui batas tersebut sekitar 16.000 TPP.

Faktanya, GPU desktop Nvidia terbaik di kelasnya, GeForce RTX 4090, memiliki performa AI di atas standar. Pabrikan harus membuat versi khusus bernama RTX 4090D, yang memiliki performa terbatas untuk dijual di China.

Chip AI Blackwell andalan Nvidia diperkirakan memiliki performa yang jauh lebih tinggi, mulai dari 28.000 TPP untuk model B100, sehingga dipastikan tidak akan dikapalkan ke negeri tirai bambu tersebut.

Baca Juga: Nvidia Blackwell B200 Diluncurkan, Chip AI Diklaim Paling Cepat di Dunia

Selain tingkat performa, AS juga menerapkan pembatasan lain berupa “jarak performa” atau ketentuan PD yang mengacu pada tingkat performa dibagi area die (inti) chip AI.

Batas atas skala PD yang berlaku khusus untuk chip AI kelas pusat data adalah 6.0.

Seperti halnya B20, chip AI ini diharapkan menjadi chip andalan produk Nvidia A30 dan H20, sehingga performanya tidak akan jauh berbeda dan tetap terkena pembatasan ekspor.

Misalnya seperti dihimpun KompasTekno dari Tom’s Hardware, Selasa (23/7/2024), chip Nvidia H20 AI memiliki tingkat kinerja 2.368 TPP dengan PD 2,90, sedangkan A30 memiliki 2.640 TPP dengan PD sedikit lebih tinggi yaitu 3,20 . Dengarkan berita terkini dan daftar berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top