Trigliserida 230 Apakah Normal? Berikut Penjelasannya…

 

virprom.com – Pengecekan kadar trigliserida merupakan bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui risiko penyakit, seperti masalah kardiovaskular. Lantas, apakah 230 trigliserida itu normal?

Ternyata kadar trigliserida 230 mg/dL tergolong cukup tinggi. Meski begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena umumnya seseorang tidak mengalami keluhan atau gangguan kesehatan apa pun.

Kadar trigliserida sebesar 230 mg/dL juga dapat diturunkan dengan perubahan gaya hidup, seperti membatasi makanan manis dan berlemak, menghindari alkohol, dan berolahraga.

Untuk mengetahui apakah kadar trigliserida 230 termasuk normal, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Trigliserida Tinggi? Ini yg dokter bilang… Apakah trigliserida 230 itu normal?

Menurut Mayo Clinic, kadar trigliserida normal pada pria dan wanita dewasa adalah di bawah 150 mg/dL atau 1,7 milimol per liter (mmol/L).

Individu yang memiliki kadar trigliserida antara 150-199 mg/dL masuk dalam kategori normal tinggi.

Seseorang yang hasil tesnya menunjukkan nilai 200-499 mg/dL termasuk dalam kategori memiliki kadar trigliserida tinggi.

Artinya kadar trigliserida sebesar 230 belum berada dalam batas normal, namun masuk kategori tinggi. Namun kadar trigliserida sebesar 230 biasanya tidak menimbulkan keluhan pada tubuh.

Seseorang baru bisa menyadari kadar trigliseridanya tinggi setelah menjalani tes darah di fasilitas kesehatan.

Namun, individu yang memiliki trigliserida 230 sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran mengenai perubahan gaya hidup atau kemungkinan pengobatan yang dapat dilakukan.

Pasalnya, kadar trigliserida bisa meningkat seiring berjalannya waktu jika seseorang tidak mengubah kebiasaan gaya hidupnya.

Ketika trigliserida mencapai 1000-1500 mg/dL, seseorang akan mulai mengalami keluhan atau gangguan kesehatan.

Pasalnya, lonjakan trigliserida menyebabkan proses pemecahan lemak terhenti, yang pada akhirnya menimbulkan keluhan terkait peradangan pankreas, gangguan penglihatan, pembesaran hati dan limpa, xanthoma bahkan gejala neurologis.

Jadi, jangan diabaikan jika kadar trigliserida Anda berada di angka 230 mg/dL. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Bisakah Air Kelapa Menurunkan Trigliserida? Berikut penjelasannya… Bagaimana cara menurunkan trigliserida tinggi?

Seseorang dapat mencoba menurunkan trigliserida tinggi dengan beberapa cara, seperti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top