Milenial dan Gen X Lebih Rentan Kanker Dibanding Orangtuanya

virprom.com – Daftar penyakit kanker yang berisiko diderita kaum muda terus bertambah. Generasi Milenial dan Generasi X kini lebih mungkin terserang 17 jenis kanker dibandingkan dengan generasi baby boomer, orang dewasa awal, dan orang paruh baya.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Lancet Public Health, dan penulis memperingatkan bahwa angka tersebut mencerminkan kemajuan kanker selama beberapa dekade.

Penulis juga mengatakan penyebab meningkatnya kanker di kalangan dewasa muda tidak diketahui, namun penelitian lain mengaitkan kanker dengan obesitas, pola makan yang buruk, paparan lingkungan, perubahan pola reproduksi, kurang tidur dan kurang olahraga.

Generasi

Kanker kini lebih banyak menyerang kaum muda, padahal dahulu kanker merupakan penyakit yang lebih banyak menyerang kaum lanjut usia karena berkurangnya fungsi sel.

Studi ini juga menemukan bahwa kanker usus besar, rahim, hati, dan kandung empedu merupakan kanker yang paling sering berakibat fatal pada orang dewasa muda.

“Data ini menyoroti kebutuhan penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi faktor risiko utama pada generasi X dan populasi milenial untuk menargetkan strategi pencegahan,” kata peneliti Ahmedian Jemal Ph.D.

Baca juga: Pengobatan Kanker Hati Tanpa Kemoterapi

Studi tersebut mengamati seberapa sering orang antara tahun 2000 dan 2019 didiagnosis menderita 34 jenis kanker, termasuk risiko kematiannya.

Terdapat 5 jenis kanker dari 34 jenis kanker yang menyebabkan peningkatan signifikan pada usia dewasa muda dibandingkan generasi sebelumnya.

Jenis kanker yang meningkat pada wanita dan pria antara lain kanker usus kecil, ginjal dan panggul ginjal, serta kanker pankreas. Sedangkan pada kelompok perempuan adalah kanker hati dan saluran empedu.

Dikutip dari cancer.org, kanker disebabkan oleh mutasi gen pada sel. Gen, yang terbuat dari DNA, mengendalikan hampir semua hal yang dilakukan sel.

Beberapa gen mengontrol kapan sel tumbuh, membelah menjadi sel, dan kemudian mati. Perubahan pada gen ini menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali sehingga dapat memicu kanker.

Mutasi gen juga bisa terjadi karena seseorang mewarisi mutasi dari orang tuanya sehingga meningkatkan risiko kanker. Kondisi inilah yang menyebabkan kanker berkembang di usia muda.

Seiring bertambahnya usia, perubahan gen penyebab kanker terjadi sepanjang hidup. Penyebab beberapa perubahan gen tidak diketahui, namun banyak kanker terkait dengan faktor gaya hidup seperti merokok, obesitas, dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Ada beberapa jenis kanker yang diketahui penyebabnya, seperti paparan sinar ultraviolet yang menyebabkan kanker kulit, infeksi virus seperti HPV yang menyebabkan kanker serviks, dan infeksi hepatitis B yang menyebabkan kanker hati.

Baca juga: Separuh Kematian Akibat Kanker Bisa Dicegah. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top