Kombinasi Flexy Fuel dengan Hybrid, Solusi Toyota Kurangi Emisi

TANGERANG, virprom.com – Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Innova Zenix Hybrid di GIIAS 2024 yang mampu meminum bahan bakar fleksibel bioetanol. Mobil ini merupakan hasil uji coba Toyota bersama Pertamina.

Toyota meyakini ada berbagai cara untuk mencapai nol emisi, salah satunya adalah penggunaan kendaraan bahan bakar alternatif atau Flexy Fuel Vehicles (FFV). Jadi bukan hanya mobil listrik yang menggunakan baterai.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, menjelaskan Toyota selalu menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan. Kali ini bahan bakar fleksibel bioetanol 85 dan 100 (e85 dan e100) diuji oleh Pertamina.

Baca juga: Beyond Zero, Komitmen Toyota Kurangi Emisi Karbon

“Sekarang ada bioetanol 5 (e5 Pertamax Green), mungkin e10, negara lain sudah punya teknologi e85 dan e100, jadi kita coba. Ini (FFV) juga mengurangi emisi,” kata Anton.

Anton menjelaskan penggunaan bioetanol mampu menurunkan emisi sekitar 10 hingga 20 persen. Belum lagi, jika ditambahkan kendaraan listrik, hybrid, dan plug-in hybrid, maka pengurangan emisinya pun semakin besar.

“Itulah mengapa tujuan kami mengurangi karbon dioksida sangat mungkin dilakukan secara teknologi,” kata Anton.

Baca juga: Pegawai Khusus Kementerian ESDM Uji Coba Toyota Innova Zenix Hybrid Vegan

Belum lagi, jika FFV berjenis hybrid atau plug-in hybrid, maka pengurangan emisi tiap kendaraan akan semakin besar. Anton mencontohkan Yaris Cross hybrid yang mampu menurunkan emisi hingga 40 persen, dan hingga 60 persen dengan bahan bakar bioetanol.

Sebelumnya di GIIAS 2023, Toyota memperkenalkan Fortuner dan Corolla Cross yang bisa menggunakan bioetanol. Maka kini dengan Innova Zenix Hybrid, Toyota serius dalam mengurangi emisi karbon dengan berbagai cara. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top