Berapa Nilai Gula Darah Sewaktu yang Normal? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Kadar gula darah saat ini dapat diketahui dengan melakukan tes gula darah secara acak tanpa puasa. Lalu berapakah kadar gula darah yang normal?

Ternyata gula darah normalnya adalah 125 miligram per hari. desiliter (mg/dL) atau kurang.

Kadar gula darah 200 mg/dL atau lebih tinggi menandakan seseorang menderita diabetes, sehingga diperlukan tes lanjutan keesokan harinya untuk menentukan diagnosis yang akurat.

Simak di bawah ini untuk lebih jelasnya mengenai apa itu kadar gula darah normal dan cara menurunkan gula darah secara alami.

Baca juga: Apakah minum air hangat bisa menurunkan gula darah? Berikut penjelasannya… Berapa kadar gula darah yang normal?

Ternyata kadar gula darah yang normal adalah 125 miligram atau kurang.

Dilansir dari Mount Sinai, kadar gula darah Anda akan bergantung pada kapan terakhir kali Anda makan.

Namun secara umum, gula darah normal adalah 125 mg/dL atau kurang.

Sedangkan kadar gula darah lebih dari 200 mg/dL atau 11,1 milimol per liter (mmol/L) atau lebih menandakan seseorang menderita diabetes.

Namun, gula darah biasanya akan diperiksa kembali keesokan harinya untuk menegakkan diagnosis yang benar.

Salah satu dari dua jenis tes yang dapat diberikan, menurut laporan Medical News Today, adalah kontrol glukosa puasa dan tes toleransi glukosa oral (OGTT).

Hasil tes glukosa puasa dapat digolongkan menjadi: Normal: kurang dari 100 mg/dL Pradiabetes: 100-125 mg/dL Diabetes: 126 mg/dL atau lebih

Sedangkan hasil tes toleransi glukosa oral dikategorikan sebagai: Normal: kurang dari 140 mg/dL Pradiabetes: 140-199 mg/dL Diabetes: 200 mg/dL atau lebih

Pemantauan glukosa darah secara berkala merupakan salah satu cara untuk menentukan perlu tidaknya pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosis pasti.

Untuk itu, bagi Anda yang mengalami gejala diabetes seperti sering buang air kecil, rasa haus yang berlebihan, dan penurunan berat badan, sebaiknya segera mencari pertolongan medis untuk mengetahui kondisi apa yang Anda alami.

Baca juga: Mengapa Gula Darah Tinggi? Berikut 9 alasan… cara menurunkan gula darah secara alami.

Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung, stroke, dan gangguan penglihatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top