ITB Jatiluhur International Triathlon 2024 Siap Digelar Agustus di Purwakarta

virprom.com – ITB Jatiluhur International Triathlon 2024 siap digelar untuk kedua kalinya pada 11 Agustus 2024. Ajang tersebut akan menampilkan atlet dari seluruh Indonesia, serta peserta asing dari lima negara.

Sesuai dengan namanya, ITB Jatiluhur International Triathlon 2024 akan digelar di Waduk Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat.

ITB Jatiluhur International Triathlon 2024 merupakan salah satu rangkaian acara memperingati HUT Purwakarta ke-193, HUT Kabupaten Purwakarta ke-56, dan HUT Perum Jasa Tirta ke-57. 

Acara tersebut tidak hanya sekedar ajang olah raga saja, namun juga merupakan bentuk kolaborasi antara civitas akademika dan pemerintah daerah setempat untuk menggalakkan pola hidup sehat dan keindahan alam Purwakarta.

Baca juga: Mulai dari wisata olahraga hingga UMKM, ITB Jatiluhur International Triathlon 2024 kembali digelar

“Saya berharap acara ini dapat menjadi acara tahunan yang sangat dinantikan dan menjadi kesempatan untuk menggalakkan hidup sehat dan olah raga di masyarakat,” demikian keterangannya, Rabu (31/7/2024).

“Kami berharap ajang triathlon ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh pemangku kepentingan serta memajukan dan mewakili Purvakarta di kancah nasional dan internasional,” ujarnya.

Ir Dam. H. Djuanda atau dikenal dengan Bendungan Jatiluhur merupakan bendungan terbesar di Indonesia yang terletak di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, dimana Bendungan Sungai Sitarum mempunyai luas sekitar 83 km2 atau 8.300 hektar. 

Dioperasikan oleh Perum Jasa Tirta II, bendungan ini merupakan bendungan serba guna yang memiliki manfaat besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, antara lain penyediaan air untuk PDAM, pertanian dan industri, pengelolaan banjir, dan pembangkit listrik tenaga air.

Bendungan Jatilukhur juga telah menjadi pusat komersial serba guna yang berperan dalam menjamin stabilitas dan perekonomian perekonomian masyarakat setempat.

Memanfaatkan potensi aliran Sungai Kitarum, Ir. H. Djuanda dorong dukungan energi terbarukan (EBT) melalui PLTA Ir. H. Djuanda dengan kapasitas 187,5 MW.

Perum Jasa Tirta II (PJT II) juga memanfaatkan Waduk Ir H. Djuanda sebagai destinasi wisata bernama Jatiluhur Valley & Resort (JVR). Jatiluhur Valley & Resort merupakan destinasi wisata dengan lingkungan alam Bendungan Ir yang bersejarah. H Djuanda punya undertone yang bagus dan cool.

Baca juga: Latihan triathlon Hari ke-2 Olimpiade 2024 dibatalkan karena hujan akibat polusi Seine

Triathlon Internasional Jatiluhur ITB diselenggarakan di Kawasan Jatiluhur Resort dengan harapan para pelari dan penonton kembali ke Purwakarta dan Jawa Barat untuk menikmati wisata kuliner dan budaya lainnya.

“Perum Jasa Tirta II sangat mendukung terselenggaranya Jatiluhur International Triathlon (IJIT) ITB 2024 yang akan diselenggarakan pada 11 Agustus 2024 di Kawasan Wisata Jatiluhur,” ujar Imam Santoso, Direktur Utama Perum Jasa Tirta II.

“Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2023 dan kami yakin ini akan menjadi acara besar yang bertujuan untuk menyuguhkan keindahan Jatilukhur kepada masyarakat,” ujarnya. 

“Kami berharap IJIT 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat mendorong kerja sama yang berkelanjutan di masa depan,” ujarnya. Dengarkan berita terbaru dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top