Drama Maxus Indonesia, Bagaimana Nasib Konsumen MG yang Sudah SPK?

JAKARTA, virprom.com – Morris Garage (MG) meluncurkan MG Maxus 9 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, sebuah kendaraan serba guna (MPV) mewah elektrik mirip Toyota Alphard.

Seperti diketahui, Maxus 9 sebelumnya diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu.

Saat itu mobil tersebut sudah tersedia dengan nama Maxus Mifa 9 dan didistribusikan oleh PT Indomobil Wahana Trada, anak perusahaan Indomobil Group, dengan harga Rp 1,4 miliar, namun belum ada kabar.

Baca Juga: Selandair, Siswa SMK Langser 1 Ikuti Kualifikasi Shell Eco Marathon

Kemudian di IIMS 2024 yang resmi digelar pada 15-25 Februari 2024, MPV elektrik tersebut akan berada di tangan MG Motor Indonesia.

Namun baru-baru ini Indomobile Group telah resmi ditunjuk sebagai distributor Maxis eksklusif di Indonesia. Kerja sama tersebut terjalin pada Juni 2024 menyusul penandatanganan perjanjian distribusi antara CEO Indomobil Group Josac Kirtuwijojo dan General Manager Perdagangan Luar Negeri Maxus Amanda Yan di kantor pusat SAIC-Maxus di Shanghai, Tiongkok.

Dengan demikian, merek China tersebut sudah resmi dijual oleh Indomobile Group. Termasuk juga MPV elektrik yang sedang dibicarakan dengan MG Motor Indonesia.

Lalu bagaimana dengan pembeli yang memiliki MG Maxus 9 SPK? Ingat, sebelumnya MG mengklaim pesanan Maxus 9 mencapai 2.000 unit.

Menanggapi hal tersebut, Chief Operating Officer (COO) MG Motor Indonesia Donald Richmit enggan berkomentar mengenai strategi penjualan perusahaan lain. Namun Donald mengatakan pihaknya hanya akan menjual produk merek MG.

“Kami tidak menjual merek itu (Maximus), yang kami jual adalah merek MG.” “Kami tidak bisa mengomentari merek lain, kami bisa mengomentari merek MG,” kata Donald saat berbicara di West Sen di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Donald menjelaskan, banyak faktor dalam memperkenalkan produk baru di Indonesia, mulai dari kebutuhan pelanggan, kesesuaian fitur, dan persaingan.

“Tentunya kami akan selalu menawarkan produk yang sesuai dengan pasar dengan merek tersebut dan MG selalu memikirkan strategi jangka panjang,” kata Donald.

Hingga saat ini, MG juga enggan menjelaskan langkah Maxis selanjutnya. Hal ini tentu menarik, bukan hanya karena statusnya sebagai mobil listrik MPV, tetapi juga karena adanya dualitas kepentingan agen di Indonesia.

Sedikit latar belakang, di Thailand sebenarnya Maxus Mifa 9 dijual dengan nama MG Maxus 9. Bicara eksterior, Maxus 9 mengingatkan kita pada MPV premium lain yang sudah beredar di Indonesia, seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, dan Lexus LM namun dengan garis desain yang lebih sporty dan lebih kencang.

Baca Juga: PO Bagong Jalur Bus Baru, Discovery SR3 Pakai Fisik

Dimensinya panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.840 mm, dan jarak sumbu roda 3.200 mm. Max 9 juga memiliki peringkat bintang 5 untuk standar keamanan Euro NCAP. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top