Video Hyundai Creta Tertimpa Kontainer, Pengemudi Selamat

JAKARTA, virprom.com – Sebuah video memperlihatkan mobil Hyundai Creta berwarna putih tertimpa kontainer di Jalan Penjaringan Raya, Jakarta Utara, viral di media sosial.

Salah satunya diunggah ke akun Instagram @lowslowmotif pada Kamis (13 Juni 2024). Disebutkan, kecelakaan ini terjadi ketika truk kontainer tidak kuat untuk naik, terguling, dan bertabrakan dengan kendaraan Hyundai Creta di bawahnya. Akibatnya, terjadi kecelakaan dimana sebuah sport utility vehicle (SUV) buatan Korea bertabrakan dengan sebuah kontainer hingga hancur.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pengemudi Hyundai Creta, Tuan A, dilarikan ke rumah sakit terdekat setelah hanya mengalami luka ringan.

Baca Juga: Perbedaan Teori dan Kenyataan Mengenai Waktu Ideal Servis AC Mobil

Kecelakaan truk kontainer terjadi di Jalan Kamal Mora, Penjaringan, Jakarta Utara. Truk tersebut bertabrakan dengan kendaraan Hyundai Creta milik pengemudi pada Kamis sore sehingga menyebabkan kemacetan. “Baru-baru ini beredar kabar adanya kecelakaan mobil yang pengemudi mobil Creta berhasil diselamatkan.”

Saat berkendara di sekitar truk, pengemudi lain harus menjaga jarak aman. Hal ini juga berlaku jika truk membawa muatan yang cukup besar. Langkah ini untuk menilai apakah muatan yang diangkut truk akan turun sewaktu-waktu. Hal ini dapat membahayakan pengendara sepeda motor yang berada di sekitar truk.

Direktur Pelatihan Real Driving Center (RDC) Marcel Kurniawan mengatakan, “Khususnya pada truk yang mengangkut barang berukuran panjang seperti pipa baja atau truk kontainer, besar kemungkinan barang atau kontainer tersebut terlepas dan bertabrakan dengan kami.” Dia berkata.

Pengikatan yang tidak tepat dapat menyebabkan distribusi beban. Sayangnya masih ada driver yang prosedur loadingnya salah.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, muatan yang jatuh dari belakang truk biasanya disebabkan oleh cara pemuatan yang salah.

Bambang mengatakan, “Banyak kasus dimana talinya lepas atau putus karena diikat sembarangan.”

Padahal, menurut Bombing, prosedur pemuatan yang salah bisa menyebabkan pengereman mendadak dan muatan terjatuh ke depan hingga menewaskan pengemudi.

“Untuk bagian belakang, hal ini sering terjadi saat truk sedang menanjak atau melaju kencang,” kata Bambing.

Kecelakaan tersebut sering terjadi karena kurangnya sosialisasi dan kurangnya pelatihan khusus bagi pengemudi.

Biasanya pengemudi hanya dilatih oleh pemilik kargo atau bagian gudang, kata Bambang.

Kondisi pengemudi yang hanya mengalami luka ringan pun turut menyita perhatian, apalagi melihat kondisi kendaraan yang rusak parah usai bertabrakan dengan kontainer.

Baca Juga: Benar atau salah, kecelakaan mobil pasti menimbulkan kerusakan.

Sebagai referensi, Hyundai Creta yang mengalami kecelakaan mendapat rating bintang 5. Skor tinggi ini diraih pada tiga aspek, yaitu Adult Occupant Protection (AOP), Child Occupant Protection (COP), Safety Assistance, dan Motorcyclist Safety (MS). Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top