Gaikindo Berharap GIIAS 2024 Jadi Penyelamat Pasar Otomotif Nasional

JAKARTA, virprom.com – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengakui pasar otomotif tahun ini menghadapi banyak tantangan.

Memang, dalam enam bulan pertama, tingkat penjualan mobil baru turun 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni mencapai 408.012 unit.

“Namun hingga saat ini kami belum duduk bersama untuk membahas revisi target tersebut. Jadi masih sama (1,1 juta unit),” Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal Gaikindo, ditemui saat GIAS 2024, ICE BSD, Tangarang, Rabu ( 17/7/2024).

“Kalau dilihat pasarnya dari tahun ke tahun memang menurun, tapi keadaannya sekarang sudah mulai membaik. Kita berharap dengan hadirnya GIIAS 2024 mobil-mobil baru, keadaan ini menjadi lebih baik,” ujarnya. dia melanjutkan.

Lebih lanjut Kukuh menjelaskan, pasar mobil mulai berfluktuasi sejak kuartal IV/2023 atau September-Oktober tahun lalu.

Baca juga: Penjualan Mobil Baru Indonesia Turun 19% di H1-2024

Saat itu, suku bunga di Indonesia sedang meningkat yang pada akhirnya berdampak pada krisis kredit.

“Jadi makin sulit, karena 80 persen pembelian kita berbasis kredit. Tapi Desember 2023 mulai meningkat,” ujarnya.

Namun Januari-Februari 2024 akan turun lagi karena adanya pemilihan umum (Pemilu), sehingga pasar harus wait and see, lanjutnya.

“Setelah pemilu pasti. Tapi kadang kita masuk bulan puasa. Masyarakat fokus puasa ya,” kata Kukuh lebih lanjut.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Facelift Siap Meluncur di GIAS 2024, Ini Updatenya

Memasuki periode April 2024, pasar bertemu dengan momen Idul Fitri. Pada periode tersebut, durasi kerja yang hanya 15 hari membuat aktivitas industri dan komersial kurang ideal.

“Mei hingga Juni 2024 cenderung meningkat setiap bulannya. Harapannya di bulan ini berkat GIIAS 2024 bisa meningkat lagi,” kata Kukuh.

GIAS 2024 sendiri resmi dibuka pada 18-28 Juli 2024. Namun rangkaiannya dimulai pada Rabu (17/7/2024) untuk press day yakni hanya media saja. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top