Sir Alex Ferguson Nyaris Latih Tim Sepak Bola Britania Raya di Olimpiade

virprom.com – Pelatih legendaris klub Manchester United, Sir Alex Ferguson, hampir saja melatih tim sepak bola Inggris di Olimpiade London 2012.

Namun gagasan itu ditolak Setan Merah, FA, dan Asosiasi Olimpiade Inggris, sehingga Ferguson tetap bertahan di Liga Inggris.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Komite Penyelenggara Olimpiade London 2012, Sebastian Coe. Ia mengatakan, pihaknya sudah menggarap ide tersebut sejak Liga Inggris musim 2007-2008.

Coe bahkan mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Ferguson untuk membahas rencana tersebut.

“Saya tidak bisa membayangkan sebuah klub yang melepas pemainnya ke tim Olimpiade akan mendapat masalah dengan pemain U-23 yang mendapat bimbingan enam minggu dari Alex Ferguson di tempat latihan,” kata Coe seperti dikutip Mirror, Rabu. (31/7/2024).

Baca juga: Gara-gara AC, Dua Negara Bakal Tampil di Olimpiade Paris 2024

Saat itu, tambah Coe, komunikasi dengan Alex Ferguson dikaitkan dengan legenda sepak bola Manchester United Bobby Charlton.

“‘Saya akan meminta Alex (Ferguson) menelepon Anda,'” kata Coe menirukan respons Charlton.

Benar saja, menurut Coe, Ferguson menghubunginya beberapa minggu kemudian.

“Saya menjelaskan tawaran saya (kepada Ferguson) karena Bob (Charlton) tidak memberitahunya. Dia (Charlton) hanya memintanya (Ferguson) menelepon saya,” kata Coe.

Melalui telepon saat itu, lanjut Coe, Ferguson belum mengambil keputusan atas usulan tersebut.

Baca juga: Dampak Ruud van Nistelrooy bagi Man United

Barulah pada tahun 2007, ketika Ferguson dan Coe bertatap muka di sebuah acara, pria asal Skotlandia itu menyetujui usulan Coe.

“Alex menatap saya dan berkata, ‘jawabannya ya’. Saya berkata, ‘baik’. Kami tidak pernah mengatakan apa pun tetapi kami akan berbicara lebih jauh,” ujarnya.

Namun Asosiasi Olimpiade Inggris lebih memilih pelatih Inggris U-21 saat itu, Stuart Pearce, sedangkan Alex Ferguson kemudian tetap melatih Manchester United hingga pensiun pada 2013.

“Kami hampir berhasil. Saya selalu tertawa bersama Ferguson setelahnya. Saya cukup sering bertemu dengannya. Dia sering bertanya apakah dia melewatkan pengalaman yang luar biasa,” jelas Coe.

Baca Juga: Hasil Bulutangkis Olimpiade 2024: Kalahkan wakil Ceko Gregoria di 16 Besar

Coe berpendapat, para pemain Inggris saat itu akan mendapat manfaat besar jika dilatih Ferguson.

“Itu salah satu yang mengecewakan, Asosiasi Olimpiade Inggris memutuskan Stuart Peace lebih berkualitas, itu agak mengecewakan,” tutupnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top