Lifestyle Medicine, Pendekatan Holistik untuk Cegah Penyakit Kronis

virprom.com – Pengobatan gaya hidup merupakan pendekatan medis yang berfokus pada pencegahan, pengobatan bahkan pemulihan penyakit kronis melalui perubahan gaya hidup sehat.

Pengobatan gaya hidup bukanlah hal baru. Diperkenalkan oleh para dokter dan peneliti di Amerika Serikat pada awal tahun 1980an, konsep ini terus mendapat perhatian dan semakin diakui oleh para profesional medis sebagai cara yang efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis.

Sebagai Prof. Dr. Dasad Mujon, Kepala Pusat Jantung dan Pembuluh Darah RS Beit Saida menjelaskan, pengobatan biologis tidak hanya membantu mencegah penyakit tetapi juga dapat memperbaiki kondisi kesehatan saat ini.

“Saya sendiri sudah mengonsumsi antibiotik selama 6 tahun terakhir. Awalnya saya mengalami penyumbatan pembuluh darah sebesar 50%, lama setelah saya menghabiskan antibiotik penyumbatan tersebut berkurang hingga 30%,” kata dr. Kata Dasad dalam sebuah pernyataan. Konferensi media di RS Bait Saida Gding Serpong Tangerang (31/7/2024).

Ia mengatakan, sebagai seorang dokter, dirinya tidak hanya harus memberikan nasihat kepada pasiennya, namun juga ingin memberikan contoh dalam menjalani hidup sehat.

Baca juga: Apa Itu Peradangan? Berikut detailnya…

Terapi gaya hidup terdiri dari 6 pilar, yaitu pola makan sehat berbasis makanan nabati, olahraga teratur, tidur cukup, manajemen stres, interaksi sosial yang baik, dan menghindari zat-zat berbahaya seperti rokok dan anggur.

Terapi gaya hidup tidak hanya membantu mencegah penyakit, namun juga dapat memperbaiki kondisi kesehatan yang ada.

Ia mengatakan perubahan gaya hidup ini akan mengurangi peradangan pada tubuh yang dapat memperbaiki kondisi kesehatan dalam jangka panjang.

Dengan bantuan dokter, perubahan gaya hidup ini dapat dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Terapi gaya hidup kini tersedia di RS Bethesda Tangerang di bawah pengawasan Dr. sialan.

Ia mengatakan, “Rumah Sakit Beith Saida mendukung upaya pencegahan dan promosi pemerintah dengan menyediakan obat-obatan penyelamat jiwa untuk penyakit jantung, sehingga mengembalikan kepercayaan pasien yang sering berobat ke luar negeri.

Baca juga: Mengapa Gejala Penyakit Kronis Sering Disalahartikan sebagai Stres

Sebagai Dr. Menurut Dassad, melakukan perubahan gaya hidup tidak selalu mudah bagi pasien, namun dengan tekad dan tujuan biasanya dilakukan.

“Tetapi banyak orang yang hanya bergerak ketika terjepit, misalnya karena fungsi ginjalnya sangat rendah,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada banyak orang untuk mengubah cara hidup mereka sebelum jatuh sakit.

Untuk mendukung program kesehatan preventif, Rumah Sakit Beit Saida juga menawarkan layanan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif.

“Perlunya pencegahan dan rehabilitasi memotivasi kami untuk meningkatkan penelitian medis dan layanan rehabilitasi kesehatan di RS Beth Saida, sehingga pasien dapat memperoleh layanan komprehensif mulai dari pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi,” kata Dr. Patono, direktur Rumah Sakit Beth Saida mengatakan. Bisa. Yap Pilih pesan langsung dari ponsel Anda, login ke saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top