Independensi Pansel Capim KPK Dinilai Akan Diuji Saat Seleksi Administrasi

JAKARTA, virprom.com – Mantan penyidik ​​Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap menilai independensi tim Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Kapim) PKC tercermin dari hasil seleksi administrasi.

Yudi mengatakan, pendaftaran Kapim dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah selesai hari ini. Tim Pansel kemudian melakukan penilaian administratif terhadap ratusan peserta.

“Seleksi administratif pimpinan KPK penting untuk melihat sejauh mana independensi dan kinerja KPU dalam menyeleksi calon yang berintegritas,” kata Yudi kepada virprom.com melalui keterangan tertulis, Senin (15/7/2024).

Baca juga: Mantan Penyidik ​​Gerilya Yakinkan Daftar Orang untuk Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi

Yudi berharap Panitia Seleksi Capim KPK tidak membeberkan nama-nama peserta yang bermasalah. Kemungkinan besar komisi memperoleh informasi tersebut dari sumbernya sendiri.

Mantan penyidik ​​itu meyakini Panitia Capim KPK punya akses terhadap sumber informasi terkait catatan Capim KPK.

Baca juga: 107 orang masuk daftar pendek pemimpin PKC: 105 laki-laki, hanya 2 perempuan

Yudi menegaskan, seleksi administrasi merupakan batu loncatan untuk menuju tahap selanjutnya.

Alasan apapun penyerahan Kapim yang merepotkan itu tidak bisa diterima logika masyarakat, kata Yudi.

Penyidik ​​kasus korupsi elektronik KTP ini mengingatkan, harapan masyarakat tinggi terhadap pimpinan KPK periode 2024-2029.

Baca juga: Calon KPK Tak Sebanyak Dulu, Pakar: Masyarakat Tak Percaya pada Jokowi dan Pansel

Mereka diharapkan dapat memperbaiki kondisi internal dan fungsi komisi antirasuah serta memulihkan nama baik komisi antirasuah yang saat ini sedang terpuruk.

Makanya tidak mungkin orang yang punya masalah bisa melakukannya, kata Yudi.

Sebelumnya pada Jumat (7/12/2024) sore, KPU mencatat 107 orang terdaftar sebagai calon pimpinan BPK dan 87 orang terdaftar sebagai calon anggota Dewan Pengawas BPK.

Pendaftaran calon utama dan anggota Dewas KPK dimulai pada 26 Juni 2024 dan berakhir pada hari ini, 15 Juli 2024. Dengarkan berita terkini dan top story kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top