Qualcomm Snapdragon 4s Gen 2 Resmi, Chip 5G untuk Ponsel Murah

virprom.com – Pada Selasa (30/7/2024), perusahaan semikonduktor Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 4s Gen 2, chipset 5G terbarunya untuk ponsel “murah”.

Seperti namanya, ini merupakan varian lain dari Snapdragon 4 Gen 2 yang diperkenalkan pada Juni tahun lalu.

Senior Vice President and General Manager of Mobile Qualcomm, Chris Patrick, mengatakan Snapdragon 4s Gen 2 hadir untuk menjadikan teknologi 5G lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang melalui ponsel terjangkau.

“Dengan teknologi canggih, Snapdragon 4s Gen 2 menyeimbangkan kualitas dan keterjangkauan, menawarkan daya tahan baterai sepanjang hari, kecerdasan buatan terintegrasi, dan akses luas ke jaringan 5G untuk meningkatkan pengalaman seluler,” ujar Chris dalam keterangan resmi. ., diterima KompasTekno, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: Chip Qualcomm Snapdragon 6s Gen 3 Dirilis, Lebih Canggih dari 695

Secara teknis, Snapdragon 4s Gen 2 masih dibangun menggunakan arsitektur 4 nanometer (nm) dengan jumlah prosesor (CPU) yang sama dengan Snapdragon 4 Gen 2, yakni hingga delapan core.

Namun, frekuensi CPU on-chip maksimum telah dikurangi dari 2,2GHz menjadi 2GHz untuk dua inti CPU Cortex-A78 berperforma tinggi. Untuk enam inti prosesor Cortex-A55 yang efisien, frekuensi clock juga turun menjadi 1,8 GHz.

Chip Snapdragon 4s Gen 2 mendukung teknologi penyimpanan UFS 3.1, namun hanya tipe RAM LPDDR4x (2133 MHz), bukan LPDDR5x (3200 MHz).

Di sisi modem, chipset ponsel terbaru Qualcomm hanya mendukung kecepatan unduh 5G hingga 1Gbps, dibandingkan kecepatan unduh 5G Snapdragon 4 Gen 2 sebesar 2,5Gbps.

Perbedaan lain antara Snapdragon 4s Gen 2 dan Snapdragon 4 Gen 2 mencakup kecepatan refresh layar hanya 90Hz (bukan 120Hz), format gambar hingga 84MP (bukan 108MP) dan tidak ada perekaman video tanpa perangkat lunak. penstabil disebut EIS.

Baca Juga: Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2, Chip untuk Ponsel Budget

Selain perbedaan di atas, spesifikasi Snapdragon 4s Gen 2 lainnya bisa dikatakan mirip dengan Snapdragon 4 Gen 2. Artinya kedua chipset ini sangat mendukung WiFi 5, Bluetooth 5.1 (aptX), USB 3.2 Gen 1, dan Quick Charge. 4 Ditambah dan banyak lagi.

Belum ada kabar kapan Qualcomm akan mendistribusikan chipset ini ke mitra vendornya. Namun yang jelas Snapdragon 4s Gen 2 akan masuk dalam ponsel budget Xiaomi yang diperkirakan akan dirilis pada akhir tahun 2024. 

Muralikrishnan B, presiden, Xiaomi India, mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Qualcomm untuk menghadirkan konektivitas yang lebih cepat ke lebih banyak konsumen.”

“Masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan 5G. Dengan Snapdragon 4s Gen 2, kami akan dapat mewujudkan hal tersebut di masa depan melalui ponsel berbiaya rendah berkemampuan 5G,” tambah Muralikrishnan. Dapatkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses WhatsApp virprom.com saluran, klik berita favorit Anda Pilih saluran Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top